Mahasiswa Yogya Bikin Mobil Bisa Dikendalikan dengan Android

Mobil listrik Kaliurang UNISI.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rendra Saputra

VIVA.co.id – Ajang pameran otomotif Gakindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, dimanfaatkan sejumlah mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta, untuk memamerkan mobil listrik buatan mereka.

Bukan Cuma Mobil Baru, Ini Strategi Wuling Layani Konsumen di RI

Mobil listrik ini diberi nama Kaliurang UNISI. Berbekal ilmu yang mereka miliki, sebanyak 50 mahasiswa coba membangun Kaliurang UNISI 2, apalagi belakangan mobil listrik memang tengah populer di sejumlah negara maju.

Hal yang paling menarik dari mobil tersebut yakni, merupakan mobil listrik berbasis android pertama di Indonesia. 

Selain Punya Perintah Suara, Mobil Wuling Bakal Lebih Canggih

Menurut Gian Kasandra, salah seorang perakit mobil android, konsep mobil listrik ini dibuat dengan kendali android untuk mempermudah penggunaan. Mengingat, teknologi yang semakin canggih, beberapa mahasiswa memanfaatkan teknologi untuk digunakan pada basis mobil ini.

"Mobil listrik ini dibuat dengan kendali android. Jadi mobil dapat berjalan dan berhenti diatur semuanya oleh android yang ada di tangan. Fungsi android tersebut bisa mengatur mulai speedometer, kunci keamanan, starter, indikator. Jadi diatur oleh android seperti remote kontrol," kata Gian saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Di Mobil Masa Depan, Sandaran Tangan Bisa Jadi Layar Sentuh

Menurut Gian, kehadiran mobil listrik buatan Yogya ini untuk membuat masyarakat teredukasi untuk melirik teknologi buatan Indonesia. "Kami juga ingin membuktikan kepada masyarakat Indonesia, bahwa teknologi listrik buatan Indonesia juga sudah ada dan hadir di Indonesia," ujar dia.

Gian menambahkan, mobil buatan Yogyakarta ini sudah mengikuti kontes di berbagai kota di Indonesia. Salah satunya di Bandung, Jakarta dan juga Yogyakarta. Rencananya, mobil ini juga akan diikutsertakan pada ajang internasional lainnya meski hingga kini masih terganjal biaya.

Untuk spesifikasinya, mobil listrik buatan mahasiswa ini memiliki ukuran 1,9 meter x 1,4 meter. Mobil ini mampu berjalan dengan kecepatan maksimum 60 kilometer per jam. "Untuk masalah kendali, kami ciptakan sendiri. Kami menggunakan motorik BLDC jenisnya, di situ ada kontrol yang connect dengan android yang mengatur motor dan koneksi ke android."

(mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya