Sigra Dianggap Lebih 'Ganteng' dari Calya, Ini Kata Toyota

Toyota All New Calya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Toyota Calya dan Daihatsu Sigra menjadi keluarga baru Astra yang diproduksi di Indonesia, tepatnya di pabrik Astra Daihatsu Assembly Plant, Karawang Timur, Jawa Barat. Meski lahir kembar, dua mobil dengan kapasitas tujuh penumpang ini punya wajah berbeda.

Pemilik Calya Gabung Komunitas Ternyata Untungnya Banyak

Seperti yang diberitakan sebelumnya, kedua produk baru ini memiliki tingkat kandungan lokal dalam negeri cukup tinggi, yakni 94 persen yang berasal dari 178 pemasok komponen tingkat pertama dan 880 pemasok komponen tingkat kedua.

Meski demikian, secara desain, baik Toyota Calya dan Daihatsu Sigra memilik tampang wajah berbeda. Bahkan, ada yang menyebut, untuk kali ini Sigra lebih baik daripada Calya.

DP Murah Toyota Calya Jelang Akhir Tahun

Menanggapi hal tersebut, Public Relation Manager PT Toyota Astra Motor, Rouli Sijabat,  menyatakan, soal tampang Calya, sebelum dibuat Toyota telah melakukan riset  kepada masyarakat calon konsumen.

“Awal mula riset pasar, diperoleh maunya konsumen desain mobil yang mau tampang agresif dan modern,” kata Rouli saat berbincang dengan VIVA.co.id, Selasa 23 Agustus 2016.

Bisakah Calya dan Sigra Saling Tukar Suku Cadang?

Setelah riset dilakukan, maka tim desain baik Toyota maupun Daihatsu melakukan pengembangan lebih lanjut. Untuk tampang desain agresif, terciptalah bentuk yang saat ini ada pada wajah Calya.

Untuk Toyota, kata Rouli, Calya sengaja dibuat sedemikian rupa seperti saat ini, sehingga mampu outstanding ketika berada di jalanan. Demikian pula dengan bagian interior. Rouli menyatakan, bagian kabin akan terlihat modern serta menyematkan fitur keselamatan seperti dual airbag hingga sabuk pengaman di tujuh titik berbeda.

“Mobil ini juga telah dilengkapi ABS (anti lock braking system), karena konsumen juga butuh semuanya (fitur standar keselamatan),” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya