TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Punya Dua Keunggulan, Motor Ini Cocok untuk Terjang Banjir

Posisi knalpot dan busi motor sport lebih tinggi.
Punya Dua Keunggulan, Motor Ini Cocok untuk Terjang Banjir
Seorang pengendara sepeda motor melewati banjir, di Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (10/6/2016). (ANTARA/Jojon)

VIVA.co.id – Hujan yang turun dengan lebat tentu membuat sebagian pengendara motor resah. Selain jalanan yang licin, mereka juga harus waspada dengan adanya genangan air di jalan yang akan dilalui.

Namun, dari sekian banyak varian motor yang ada di Indonesia, ada beberapa motor yang cukup bisa diandalkan untuk menerjang banjir.

Menurut kepala mekanik Honda AHASS Langgeng Jaya, Cipinang, Jakarta Timur, Sulaeman, dari sekian banyak jenis motor, yang cukup andal untuk menerjang banjir yaitu motor sport.

Menurutnya, hal ini terkait tingginya lubang knalpot dibanding motor jenis lain, seperti bebek dan matik.

"Dilihat dulu seberapa tingginya. Kalau tinggi banget, semua motor juga pasti mati. Tapi kalau sedang, motor sport yang paling kuat biasanya. Ini karena motor sport knalpotnya lebih tinggi," kata Sulaeman saat berbincang dengan VIVA.co.id, Selasa 23 Agustus 2016.

Alasan lain yang membuat motor sport bisa menerjang banjir, menurut Sulaeman, yaitu posisi busi yang lebih tinggi. "Businya juga lebih tinggi dibanding matik. Matik kan agak rendah lokasi businya. Makanya jarang yang kuat terjang banjir," ujarnya.

Namun, hal ini tidak berlaku jika motor menerjang banjir yang cukup tinggi. Menurut sulaeman, motor apapun ketika menghadapi genangan yang tinggi tidak akan kuat menahan banjir.

"Pada umumnya, sepeda motor baik tipe karburator ataupun tipe injeksi sudah dipersiapkan untuk menghadapi kondisi apapun termasuk banjir, tapi tergantung pada ketinggian dari banjir tersebut," tutur dia.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP