Punya Dua Keunggulan, Motor Ini Cocok untuk Terjang Banjir

Seorang pengendara sepeda motor melewati banjir, di Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (10/6/2016).
Sumber :
  • ANTARA/Jojon

VIVA.co.id – Hujan yang turun dengan lebat tentu membuat sebagian pengendara motor resah. Selain jalanan yang licin, mereka juga harus waspada dengan adanya genangan air di jalan yang akan dilalui.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Namun, dari sekian banyak varian motor yang ada di Indonesia, ada beberapa motor yang cukup bisa diandalkan untuk menerjang banjir.

Menurut kepala mekanik Honda AHASS Langgeng Jaya, Cipinang, Jakarta Timur, Sulaeman, dari sekian banyak jenis motor, yang cukup andal untuk menerjang banjir yaitu motor sport.

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

Menurutnya, hal ini terkait tingginya lubang knalpot dibanding motor jenis lain, seperti bebek dan matik.

"Dilihat dulu seberapa tingginya. Kalau tinggi banget, semua motor juga pasti mati. Tapi kalau sedang, motor sport yang paling kuat biasanya. Ini karena motor sport knalpotnya lebih tinggi," kata Sulaeman saat berbincang dengan VIVA.co.id, Selasa 23 Agustus 2016.

Enggak Cuma Bebas Denda, Bayar Pajak Kendaran Juga Bisa Dapat Mobil

Alasan lain yang membuat motor sport bisa menerjang banjir, menurut Sulaeman, yaitu posisi busi yang lebih tinggi. "Businya juga lebih tinggi dibanding matik. Matik kan agak rendah lokasi businya. Makanya jarang yang kuat terjang banjir," ujarnya.

Namun, hal ini tidak berlaku jika motor menerjang banjir yang cukup tinggi. Menurut sulaeman, motor apapun ketika menghadapi genangan yang tinggi tidak akan kuat menahan banjir.

"Pada umumnya, sepeda motor baik tipe karburator ataupun tipe injeksi sudah dipersiapkan untuk menghadapi kondisi apapun termasuk banjir, tapi tergantung pada ketinggian dari banjir tersebut," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya