Jangan Modifikasi Daihatsu Ayla Sebelum Tahu Hal-hal Ini

Daihatsu Ayla Astra Community.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Bagi Anda pemilik Daihatsu Ayla, jangan terlalu mempunyai memiliki harapan berlebihan saat menyalurkan ide modifikasi. Dimensi mobil yang kecil membuat beberapa modifikasi menjadi terbatas.

Cuma Modal Rp100 Ribu Bisa Dapat Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Namun, jika tetap ingin memodifikasi mobil low cost green car (LCGC) tersebut, ada baiknya mengetahui beberapa tips dari komunitas Daihatsu Ayla Astra Community (DAAC).

Menurut Ketua Umum DAAC, Wahid, kapasitas aki Ayla lebih kecil dari mobil lainnya. Jadi, jangan terlalu banyak memasang aksesori yang membutuhkan listrik.

Modifikasi Mobil Mulai Digandrungi Kembali di Indonesia

Pemasangan lampu kolong berwarna-warni juga sebaiknya dihindari, karena bodi mobil terbilang rendah, sehingga berisiko timbul korsleting saat melintas di genangan air.

Khusus untuk pemasangan audio, sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan aki dan alternator. “Kalau mau, ganti aki dan kabel-kabel,” katanya saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Insinyur Toyota Bisa Menangis Melihat Avanza Dibuat Seperti Ini

Untuk modifikasi kaki-kaki, Wahid punya tips khusus. “Amannya Ayla itu menggunakan pelek diameter 15 inci. Tapi, per belakang diganti dengan Honda Jazz, karena lebih tinggi dan lebih tebal. Kalau per Ayla terlalu kecil, biasanya goyang,” jelasnya.

Ia menambahkan, per depan juga perlu diganti, agar lebih stabil. Ia menyarankan memakai per Gran Max, namun dipotong sebanyak dua ulir.

“Kalau pakai pelek 15 inci, ban tidak mudah mentok fender. Masih ada jarak jika shockbreaker mengayun,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya