TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Biaya Bikin Kinclong Motor Seperti Baru di Salon Otomotif

Saat ini banyak salon motor yang menawarkan jasa demikian.
Biaya Bikin Kinclong Motor Seperti Baru di Salon Otomotif
Cuci motor. Ilustrasi. (www.suksestrikonlineblogspot.com)

VIVA.co.id – Para pemilik sepeda motor pasti menginginkan tunggangannya bersih atau terlihat resik. Dengan begitu, rasa percaya diri saat berkendara akan bertambah. Maka tak heran, berbagai cara perawatan ditempuh agar motor kesayangan tetap tampil seperti baru.

Saat ini, salah satu cara yang mulai banyak dilakukan agar motor kinclong adalah menyambangi salon kendaraan. Perawatan yang ditawarkan pun beragam mulai dari cuci biasa, cuci wax, dan lain sebagainya.

Menurut Joddy Ario, pemilik Joddy Motor atau JDM Project, yang terletak di Pangkalan Jati, Jakarta Timur, perawatan di salon motor juga menawarkan jasa full auto detailing, alias membersihkan motor secara keseluruhan, mulai dari bodi, rangka, mesin hingga rongga-rongga kecil yang ada pada motor.

"Pengerjaan auto detailing sendiri butuh waktu satu hingga dua hari agar maksimal dan tidak mengecewakan," kata Joddy saat berbincang dengan VIVA.co.id, Rabu, 24 Agustus 2016.

Dijelaskan, secara pengerjaannya, auto detailing pada sepeda motor lebih sulit ketimbang dengan mobil. Hal ini dikarenakan bodi motor yang kebanyakan berbahan plastik, seperti motor matik dan bebek.

"Kita juga harus tahu teknik buka bodi, motor gede kadang di bodi ada sensornya. Kalau sudah terbuka bodinya apa yang harus dibersihkan. Obatnya juga beda dengan mobil, karena di motor bahannya kebanyakan plastik, makanya harus hati-hati," ujar dia.

Bicara soal harga, menurut Joddy, harga yang dipatoknya tersebut sangat bervariasi, tergantung tingkat kesulitan dan juga ketelitian dari motor yang dibersihkan.

"Untuk motor bebek dan juga motor matik Rp150 ribu, untuk motor dengan mesin 250cc Rp385 ribu, dan untuk motor dengan mesin 600cc Rp450 ribu," katanya.

"Sementara untuk motor gede seperti Harley-Davidson dan sebagainya biayanya Rp1 juta. Mahal, karena butuh obat yang banyak, terus ada kromnya segala macam. Harus ekstra sabar dan detail," katanya.
 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP