TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Kisruh Harga Motor KTM Diobral Jadi Rp30 Jutaan

PT PJLM dianggap ngawur menurunkan harga motor KTM di Indonesia.
Kisruh Harga Motor KTM Diobral Jadi Rp30 Jutaan
KTM RC250 (Rendra/VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Beberapa hari lalu, PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) selaku distributor motor KTM di Indonesia menyatakan menurunkan harga jual keempat produk andalannya.

Keempat produk itu yakni KTM RC 250, Duke 250, RC 200 dan Duke 200. Pengumuman penurunan harga dilakukan memanfaatkan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 lalu.

Namun, penurunan harga yang dilakukan PJLM rupanya berbuntut kekisruhan. PT Jaya Selaras Sejahtera (JSS) selaku Agen Pemegang Merek (APM) KTM, geram.

Mereka bahkan mengaku melakukan pemutusan kerjasama dengan PJLM. Hal ini bahkan dikonfirmasi langsung Presiden Direktur PT JSS, Jimmy Budhijanto, dalam keterangannya kepada awak media.

“Akibat tindakan ini, kantor KTM Regional Asia langsung meminta kami atasi berita ngawur itu. Principal KTM merasa ini sudah melanggar kontrak, sehingga kami memutus kontrak kerjasama itu,” ungkap Jimmy.

Jimmy menegaskan, pemutusan kontrak penjualan sudah dilakukan sejak Jumat 19 Agustus 2016 lalu. Karena PJLM telah melakukan tindakan di luar kapasitas mereka sebagai diler.

“Suratnya sudah kami layangkan lewat kuasa hukum kami. Kami mendapat berita bahwa mereka bilang akan ada kerjasama dengan Bajaj. Ini kerjasama untuk membangun pabrik perakitan motor KTM di bawah 400cc, yang mana ini tidak benar. Lagi pula principal KTM Austria belum ada rencana ini,” kata Jimmy.

Selain itu, JSS menegaskan, semua tindakan yang dilakukan oleh PJLM di luar tanggung jawabnya sebagai APM KTM di Indonesia. “Kami sudah memberi peringatan. Jika mereka melakukan hal lain, akan kami bawa ke meja hijau,” ujar Manajer Sales PT JSS, Widy Deryan.

Sebelumnya, PJLM mengungkapkan bakal melakukan strategi baru yang dilatarbelakangi antara KTM Austria dengan Bajaj Auto Limited (BAL) dengan membangun pabrik baru yang terletak di Gresik, Jawa Timur.

"Dalam waktu dekat kerja sama ini akan mendirikan perakitan di Indonesia. Sehingga KTM Indonesia akan melakukan impor secara CKD dan akan dirakit penuh di Indonesia. Hal itu tentu berimbas pada penurunan cost 25 persen dan berdampak untuk on the road sebesar 40 persen," ungkap Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor, Kristianto.

Dari pemaparannya, KTM RC250 yang sebelumnya memiliki harga Rp74 juta menjadi Rp48 juta. Lalu Duke 250 yang sebelumnya dijual dengan harga Rp69 juta menjadi Rp44 juta, RC200 dari harga Rp59 juta menjadi Rp37 juta, dan Duke 200 dari Rp57 juta menjadi Rp33 juta.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP