Canggihnya Motor Bisa Jalan Sendiri

Cyclotron, motor self-driving yang tengah dikembangkan.
Sumber :
  • Cyclotron

VIVA.co.id – Sebagian besar perusahaan otomotif memang tengah disibukkan mewujudkan kendaraan berteknologi self-driving atau autonomos. Di mana, mobil dapat melaju sendiri tanpa harus dikemudikan oleh seseorang di dalamnya.

Selain Punya Perintah Suara, Mobil Wuling Bakal Lebih Canggih

Namun tak hanya kendaraan roda empat atau truk saja yang dilengkapi teknologi self-driving. Sebab, di era mendatang akan hadir pula kendaraan roda dua yang juga bisa melaju sendiri, salah satunya Cyclotron.

Dilansir Dailymail, Rabu 24 Agustus 2016, meski saat ini Cyclotron merupakan kendaraan konsep futuristik roda dua, namun motor ini diklaim mampu menampung dua orang penumpang, tanpa harus khawatir bagaimana kondisi jalan yang ada di depan.

Di Mobil Masa Depan, Sandaran Tangan Bisa Jadi Layar Sentuh

Desain kendaraan roda dua unik dengan konsep self-driving motorcycle ini diciptakan oleh dua orang insinyur, Charles Bombardier dan Ashish Thulkar. Tak hanya mampu melaju sendiri, Cyclotron yang digerakkan oleh tenaga listrik ini diketahui sengaja dibuat karena terinspirasi dari sebuah film fiksi ‘Tron light cycle’.

Meski Cyclotron memiliki dua roda, namun mereka percaya kendaraan ini tetap tegak berdiri, sekalipun di saat berhenti. Hal ini dikarenakan adanya sistem gyroscopic. "Dua penumpang akan duduk saling berhadapan satu sama lain. Ini sengaja untuk memberi kesempatan langka untuk sekadar bersantai, chatting, dan mengenal satu sama lain," kata Charles.

Benda Kecil Ini Wajib Dibawa Pengendara Sepeda Motor Matik

Belum diketahui bagaimana dengan jantung pacu yang akan disematkan pada Cyclotron. Hanya saja, kedua kaki-kaki motor ini akan menggunakan motor listrik. Untuk meningkatkan traksi dan mengisi kembali daya listrik, motor ini disebut akan menggunakan sistem transfer nirkabel.

Insinyur asal Kanada ini percaya, kendaraan konsepnya ke depan bakal mampu mengurangi kemacetan di jalanan. Sebab, motor ini memiliki bodi yang tak sebesar mobil, truk atau bus. Motor ini juga memiliki diferensiasi lainnya. Karena menggunakan daya listrik, maka Cyclotron akan ramah lingkungan.

Diler Wuling Arista Cimahi

Bukan Cuma Mobil Baru, Ini Strategi Wuling Layani Konsumen di RI

Wuling siapkan teknologi otomotif baru di mobilnya, sampai layani pelanggan di Indonesia yang terdampak bencana.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2021