TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Canggihnya Motor Bisa Jalan Sendiri

Motor autonomous yang tengah dikembangkan bernama Cyclotron.
Canggihnya Motor Bisa Jalan Sendiri
Cyclotron, motor self-driving yang tengah dikembangkan. (Cyclotron)

VIVA.co.id – Sebagian besar perusahaan otomotif memang tengah disibukkan mewujudkan kendaraan berteknologi self-driving atau autonomos. Di mana, mobil dapat melaju sendiri tanpa harus dikemudikan oleh seseorang di dalamnya.

Namun tak hanya kendaraan roda empat atau truk saja yang dilengkapi teknologi self-driving. Sebab, di era mendatang akan hadir pula kendaraan roda dua yang juga bisa melaju sendiri, salah satunya Cyclotron.

Dilansir Dailymail, Rabu 24 Agustus 2016, meski saat ini Cyclotron merupakan kendaraan konsep futuristik roda dua, namun motor ini diklaim mampu menampung dua orang penumpang, tanpa harus khawatir bagaimana kondisi jalan yang ada di depan.

Desain kendaraan roda dua unik dengan konsep self-driving motorcycle ini diciptakan oleh dua orang insinyur, Charles Bombardier dan Ashish Thulkar. Tak hanya mampu melaju sendiri, Cyclotron yang digerakkan oleh tenaga listrik ini diketahui sengaja dibuat karena terinspirasi dari sebuah film fiksi ‘Tron light cycle’.

Meski Cyclotron memiliki dua roda, namun mereka percaya kendaraan ini tetap tegak berdiri, sekalipun di saat berhenti. Hal ini dikarenakan adanya sistem gyroscopic. "Dua penumpang akan duduk saling berhadapan satu sama lain. Ini sengaja untuk memberi kesempatan langka untuk sekadar bersantai, chatting, dan mengenal satu sama lain," kata Charles.

Belum diketahui bagaimana dengan jantung pacu yang akan disematkan pada Cyclotron. Hanya saja, kedua kaki-kaki motor ini akan menggunakan motor listrik. Untuk meningkatkan traksi dan mengisi kembali daya listrik, motor ini disebut akan menggunakan sistem transfer nirkabel.

Insinyur asal Kanada ini percaya, kendaraan konsepnya ke depan bakal mampu mengurangi kemacetan di jalanan. Sebab, motor ini memiliki bodi yang tak sebesar mobil, truk atau bus. Motor ini juga memiliki diferensiasi lainnya. Karena menggunakan daya listrik, maka Cyclotron akan ramah lingkungan.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP