TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Buntut Kemelut, Harga Motor KTM Batal Jadi Murah?

Sebelumnya PT PJLM mengumumkan harga baru dari empat produk KTM.
Buntut Kemelut, Harga Motor KTM Batal Jadi Murah?
Peluncuran KTM RC390 di Sentul, Bogor, Kamis (30/10/2014). (Foto: VIVAnews/Rendra Saputra)

VIVA.co.id – PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) selaku distributor resmi sepeda motor KTM di Indonesia baru-baru ini mengumumkan adanya penurunan harga jual untuk empat produk andalannya hingga 40 persen. Pengumuman penurunan harga dilakukan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Namun, penurunan ini justru menimbulkan kemelut di internal KTM Indonesia. Di mana, PT Jaya Selaras Sejahtera (JSS) selaku Agen Pemegang Merek (APM) KTM di Indonesia geram dengan langkah yang diambil PJLM. Mereka pun menyatakan memutus kontrak kerja dengan PJLM.

Lantas, bagaimana harga motor KTM yang sudah diumumkan turun harga, jadikah aksi obral terus dilakukan?

VIVA.co.id, coba menelusuri salah satu diler PJLM yang terletak di Serpong, Tangerang Selatan. Menurut salah seorang wiraniaga yang tidak mau disebutkan namanya, harga yang diberikan untuk keempat produk saat ini kembali lagi ke harga normal.

“Saat ini harganya sudah normal, enggak seperti di GIIAS. Kemarin kan memang di GIIAS itu ada penurunan harga, tapi sekarang sudah kembali lagi ke harga normal motor,” ungkapnya saat dihubungi, Rabu 24 Agustus 2016.

Meski demikian, ia menambahkan, bila saat ini ada beberapa konsumen yang membatalkan pemesanannya di GIIAS, sehingga konsumen masih bisa mendapatkan potongan harga untuk menggantikan konsumen yang membatalkan tersebut.

“Paling itu sekitar September atau Oktober paling lama bisa kami kirimkan motornya kepada konsumen. Pokoknya diusahakan secepatnya,” tambahnya.

Saat ditanya alasan pasti harga motor kembali normal, wiraniaga tersebut mengaku tidak mengetahuinya secara pasti. “Saya kurang tahu juga, memang kemarin ada pemberitaan tentang KTM cukup banyak, tapi saya enggak tahu secara pasti kenapa berubah,” katanya.

Redaksi juga sudah menghubungi Presiden Direktur PT PJLM, Kristianto. Namun, dia tidak bersedia menjelaskan. "Kita sudah ada kesepakatan bersama, saya tidak bisa berbicara mengenai hal tersebut lagi, nanti ada rilis resminya dari kami," ujar Kris singkat.

Sebagai informasi, PT Penta Jaya Laju Motor sebelumnya menegaskan menurunkan harga untuk KTM RC250 dari harga awal Rp74 juta menjadi Rp48 juta. Lalu untuk Duke 250 yang sebelumnya Rp69 juta menjadi Rp44 juta, RC200 yang sebelumnya Rp59 juta menjadi Rp37 juta, dan Duke 200 dari Rp57 juta jadi Rp33 juta.

Penurunan harga dilakukan lantaran PT PJLM mengaku sudah melakukan kerjasama dengan Bajaj Auto Limited terkait pelokalan KTM di pabrik mereka di Gresik, Jawa Timur.

"Kami sudah set up harga CKD, sehingga nantinya tidak turun kembali. Jadi, apabila pabrik itu sudah selesai dibuat sudah segitu harganya. Kita sedang mempercepat hal ini. Target kami, 1,5 tahun ke depan sudah bisa dirakit di sini," kata Kristianto, di ajang GIIAS 2016, Senin, 15 Agustus 2016.
 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP