TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Begini Cara Daihatsu Bikin Sigra

Satu mobil butuh waktu 12 jam untuk dirakit.
Begini Cara Daihatsu Bikin Sigra
Proses produksi Daihatsu Sigra. (VIVA.co.id/Yunisa Herawati)

VIVA.co.id – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengajak sejumlah wartawan untuk melihat proses produksi mobil terbarunya, Daihatsu Sigra, di Karawang Assembly Plant, Karawang Timur, Jawa Barat, Rabu 24 Agustus 2016.

Head Quality Inspection ADM, Frederik Kristianto mengatakan, untuk merakit satu unit Daihatsu Sigra, dibutuhkan waktu 12 jam dengan lima tahapan. Kelima tahapan tersebut yaitu press atau stamping, body welding (pengelasan), painting (pengecatan), assembling (perakitan), dan inspection (pemeriksaan).

"Satu mobil Sigra butuh waktu kurang lebih satu setengah shift atau 12 jam, dengan lima tahapan. Kalau kita hitung per unitnya, rata-rata proses pengerjaannya mencapai 1,1 menit di tiap titik," kata Frederik kepada VIVA.co.id.

Ia mengungkapkan, 42 persen proses produksi di Karawang Assembly Plant menggunakan tenaga robot dan 58 persen manusia. Dalam satu hari, pabrik ini mampu menghasilkan sekitar 900 unit mobil.

"Untuk Sigra sendiri, sehari kita bisa produksi sekitar 600 unit. Pengerjaannya dibagi dua shift, satu shift ada delapan jam. Kalau ada banyak permintaan, kita tambah lagi produksinya," ujarnya menambahkan.

ADM, kata dia, saat ini fokus memperbanyak produksi Daihatsu Sigra, lantaran tingginya jumlah permintaan dari masyarakat.

"Kita mempercepat takt time (waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan) untuk Sigra dan Calya. Kalau di Karawang, produksi hanya Calya-Sigra dan Ayla-Agya. Xenia diproduksi di Sunter."

(mus) 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP