TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Ingin Tahu Sepeda Motor Paling Ideal? Wajib Tahu

Kapasitas mesin atau cc lebih kecil belum tentu lebih irit.
Ingin Tahu Sepeda Motor Paling Ideal? Wajib Tahu
Honda BeAt eSP vs Yamaha Mio M3 125 CW. Honda dan Yamaha dituding melakukan kartel harga skuter matik 110-125cc. (Blogotive.com)

VIVA.co.id – Motor dengan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) irit saat ini tengah diminati masyarakat di Tanah Air. Selain lebih ramah terhadap lingkungan, motor irit BBM juga lebih aman 'menjaga' kantong pemiliknya.

Banyak cara dilakukan pemilik kendaraan untuk menjaga konsumsi bahan bakar agar tak boros. Salah satunya dengan melihat kapasitas mesin yang digunakan. Lalu, benarkah semakin besar kapasitas motor semakin boros bensin?

Menanggapi hal tersebut, General Manager Technical Service Division AHM, Wedijanto Widarso mengatakan, kapasitas mesin belum tentu mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

"Sebenarnya kalau secara ilmu ke engineringan motor yang paling hemat itu motor 125cc, secara enginering dimana-mana motor 125cc itu adalah motor yang paling enak," ungkapnya, Kamis 25 Agustus 2016.

Selain itu, Wedijanto menambahkan dari sisi performa motor dan konsumsi bahan bakar untuk mesin 125cc itu seimbang, sehingga lebih hemat bahan bakar.

"Karena optimumnya di situ untuk desain. Belum tentu semakin kecil cc semakin irit. Secara optimum, kalau bicara keinsiyuran buka buku mana saja kamus mana saja adalah yang paling ideal. Optimum itu, dari segi power dan konsumsi bahan bakar itu seimbang," tambahnya.

Meski demikian, selera kapasitas mesin diakui Wedijanto kembali lagi kepada keinginan konsumen. Karena tidak sedikit konsumen yang lebih menginginkan performa dibandingkan konsumsi bahan bakar.

"Ada yang mau power besar tapi bahan bakar engga dipikirin. Permintaan pasar juga. Kalau bicara ini yang paling optimum terus konsumen disuruh beli itu belum tentu mau dia," katanya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP