TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

VIDEO: Ribuan Warga ke Jalan Main Pokemon, Polisi Kewalahan

Hal ini terjadi di Taiwan. Warganya tengah demam Pokemon Go.
VIDEO: Ribuan Warga ke Jalan Main Pokemon, Polisi Kewalahan
Ribuan warga Taiwan turun ke jalan main Pokemon. (Rushlane)

VIVA.co.id – Sebuah pemandangan tak biasa terjadi di Taipei, Taiwan. Ribuan warga di sana ramai-ramai turun ke jalan untuk berburu monster Pokemon, memainkan game yang belakangan diminati banyak orang di berbagai belahan dunia.

Permainan Pokemon Go memang tengah naik daun di sana, hal ini karena permainan itu baru dirilis tiga pekan lalu di Taiwan. Tetapi, permainan itu kini sudah menimbulkan dampak buruk luar biasa bagi perilaku warganya. 

Dilansir Rushlane, Jumat, 26 Agustus 2016, hanya beberapa hari setelah dirilis, sebanyak 349 orang orang dijatuhi denda karena ketahuan bermain Pokemon Go sambil mengemudikan mobil. 

Kepolisian Taiwan bahkan mengaku sudah mengeluarkan 1.210 surat tilang bagi para pengendara yang menggunakan ponsel saat berlalu lintas sejak Pokemon Go dirilis. Kebanyakan, surat tilang diberikan kepada para pengendara skuter.

"Semua orang di negara ini memakai ponsel pintarnya seperti orang gila memainkan game internet ini," kata Yen San-lung, kepala penegak hukum di divisi lalu lintas di departemen polisi Taipei.

"Saat mengemudi, perhatian mudah sekali teralihkan saat menggunakan telepon genggam dan itu menyebabkan kecelakaan. Jadi polisi meningkatkan upaya-upaya untuk menilang para pengemudi yang menggunakan telepon genggamnya," kata Yen.

Meski belum menimbulkan korban jiwa, tetapi permainan ini membuat ribuan orang memadati sejumlah ruas jalan di wilayah utara Taiwan sehingga menimbulkan kemacetan. Seorang pengguna Facebook mengunggah video kehebohan warga Kota Beitou saat bermain Pokemon Go, akhir pekan lalu. Video ini kemudian langsung menjadi viral dan heboh di jagat maya.

Video itu memperlihatkan ribuan orang berdesak-desakan di jalanan untuk menangkap Snorlax, salah satu karakter dalam Pokemon Go yang dikabarkan sering berada di sekitar wilayah itu. Akibatnya polisi sampai turun tangan untuk mencoba menertibkan ribuan warga yang tengah bermain Pokemon Go di jalanan agar tak semakin kacau.

Kejadian ini bukan yang pertama dan bukan yang terakhir kalinya. Di beberapa wilayah, para pemain Pokemon Go juga telah menyebabkan sejumlah gangguan publik. Efek dari permainan juga dapat dilihat di berbagai daerah seperti halnya Bangkok, Thailand, di mana kepolisian di sana bahkan mengancam akan melakukan penangkapan apabila mendapati orang-orang bermain game tersebut di jalan umum.

Meningkatnya jumlah kecelakaan yang disebabkan permainan Pokemon Go juga tercium di Kamboja. Di sana, sejumlah kecelakaan lalu lintas disumbang karena permainan ini. Sebut saja salah satunya malapetaka yang terjadi di Museum Genosida Tuol Sleng.

Kasus serupa juga terjadi di Belgia, di mana pemerintah di sana bahkan sudah mengeluarkan putusan bahwa bermain Pokemon di jalanan akan dikenakan denda. Mengingat efek besar dan membahayakan yang ditimbulkannya.

Lihat videonya di bawah ini:

 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP