TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Modifikasi Mobil: Si Biru yang Sporty nan Menggoda

Mobil ini merupakan 'warisan' dari orangtuanya.
Modifikasi Mobil: Si Biru yang Sporty nan Menggoda
BMW 328 Ci. (viva.co.id/Jeffry)

VIVA.co.id – BMW 328 Ci yang akrab disebut E46 ini diproduksi sejak 1998 sampai 2005 dan hingga kini peminatnya masih banyak. Pasalnya, semua fitur mewah khas Eropa sudah tertanam di mobil ini.

Menurut Okky Bond pemilik 328 Ci lansiran 2000, mobilnya ini merupakan warisan sang ayah. Uniknya, mobil ini juga pernah akan dijual ayahnya sebelum akhirnya jatuh ke tangan Okky yang langsung memberinya ide untuk mempercantik tampilan.

Menurutnya, basic E46 ini sangat tepat jika dimodifikasi ke arah seri M sport. Pria yang akrab dipanggil Bond ini akhirnya memutuskan untuk mengawinsilangkan coupe miliknya dengan BMW M3.  

“Saya suka aja dengan model M3 selain lebih sporty juga elegan. Yang bikin saya tertarik semua part milik M3 ini harus order jadi dapetinnya enggak gampang,” kata Okky saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Ia menambahkan, M3 juga jarang diaplikasikan ke 328 Ci, terlebih pada sektor interiornya. “The only one semua interior full M3, mulai dari jok elektrik, speaker dan peranti lainnya. Yang bikin kece itu door trim full karbon M3, karena jarang yang mengaplikasikan ini,” katanya.

Ia sendiri mengakui jika proses modifikasi menemukan banyak kendala. Ya, karena semua aksesori dan part yang diinginkan tidak mudah ditemukan, jalan salah satunya tentu order dari luar.

“Agak pegel saja sih nunggu waktunya, karena part satu dengan yang lainnya tidak datang bersamaan,” ujarnya.

Seperti halnya pelek, menurutnya dengan diameter 18 inci lebar 8,5 depan dan 10,5 lebar belakang itu susah dicari. “Saya order, itupun sampai adu argumen sama pabrikan pelek lewat e-mail. Karena menurut mereka offset segitu kebesaran untuk E46 dan akhirnya dia setuju dan pelek saya jadi enam bulan kemudian,” katanya.

Bukan hanya itu, untuk menunjang penampilannya yang sudah menegaskan kesan sporty khas M sport. Pria yang mengaku doyan ngebut ini juga merobek jantung pacu bawaan pabrik agar mendapatkan tenaga yang besar. "Saya naikin stroke, biar kompresi lebih padat, dan kapasitas mesin juga saya naikin 3200cc," katanya.

Namun, saat ditanyakan jeroan apa saja yang diganti dirinya enggan berkomentar banyak. Menurutnya ini rahasia dapur dan yang jelas mobilnya ini menggunakan mesin M54 yang masih bawaan pabrik.

Berikut Data modifikasi:

Paint : Laguna seca blue
Body kit : Mtech
Spion : BMW M3
Splitter : Hamann
Foglamp : BMW M3
Headlamp : Projector LED
Pelek : R18 CCW
Coilover : V-3 Jerman
Ducktail : ACS full karbon
Knalpot : Spersprint
Diffuser : Karbon
Jok : Full BMW M3
Speaker : Full Harman Kardon
Shiftknob : BMW M3
Karpet : BMW M3
Panel : Karbon
Doortrim : Full karbon
Mesin : Stroke up

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP