TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Mobil Sport Ini Lebih Buas Meski Mesin Diperkecil

100 km/jam hanya butuh waktu 3,9 detik.
Mobil Sport Ini Lebih Buas Meski Mesin Diperkecil
Peluncuran Aston Martin DB11 di Jakarta. (Jeffry Yanto/VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Aston Martin Jakarta beberapa waktu lalu menghadirkan DB11 di Tanah Air. Tapi sayang, untuk mengenalnya lebih dekat lagi, harus menunggu turnya selesai. Pasalnya, generasi penerus DB9 ini masih dalam tahap perkenalan di seluruh Dunia.

Namun, sambil menunggu turnya selesai, VIVA.co.id ingin mengupas lebih dalam lagi bocoran dari mobil sport ini. Mobil ini terlahir dari konsep Aston Martin DB10, dengan kapasitas mesin yang lebih kecil dibanding DB9, meskipun sama-sama mengadopsi mesin berkonfigurasi V12.

Ya, kapasitas mesin DB11 hanya 5.200cc lebih kecil dari pada DB9 yang mencapai 6.000cc. Endy Kusumo, Chief Operating Officer Aston Martin Jakarta, mengatakan sengaja kapasitas mesin dikecilkan karena seluruh produsen otomotif di dunia lagi mengarah go green.

"Karena dia (DB11) pakai turbocharger. Secara serentak para produsen otomotif di dunia ini sudah mengarah ke go green. Jadi kapasitas mesin dikecilin, namun tenaga tidak berkurang karena teknologi turbo," ujar Endy.

Meskipun DB11 memiliki kapasitas cc yang lebih kecil, namun berkat penggunaan turbocharger tenaga yang dihasilkan lebih besar. Sehingga mampu memuntahkan tenaga 600 Hp dan torsi maksimal 700 Nm. Untuk mengajaknya berlari dari diam hingga 100 km/jam hanya butuh waktu 3,9 detik.

Sedangkan DB9 dengan kapasitas mesin yang lebih besar ini justru hanya mampu menghasilkan tenaga maksimal 517 Hp dan torsi maksimum hanya 620 Nm. Jadi untuk mencapai kecepatan hingga 100 km/jam DB9 ini perlu membutuhkan waktu lebih lama yakni 4,6 detik. (ase)

 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP