TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Tips Pertolongan Pertama Mobil Terendam Banjir

Sebelum dibawa ke bengkel ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan.
Tips Pertolongan Pertama Mobil Terendam Banjir
Banjir di Kemang Jakarta Selatan (Twitter.com/HumasMetroJaya)

VIVA.co.id – Hujan deras yang mengguyur Jakarta, Sabtu kemarin, 27 Agustus 2016, membuat sejumlah jalananan di Ibu Kota Jakarta terendam banjir. Kawasan Kemang, Jakarta Selatan, menjadi salah satu wilayah terparah terdampak banjir. Sejumlah mobil yang terparkir di kawasan Kemang turut terendam banjir.

Nah, bagi Anda yang khawatir jika mobilnya terendam banjir, ada baiknya memahami situasi, atau mengetahui langkah awal apa saja yang harus dihadapi tanpa merasa panik.

Seorang teknisi bengkel mobil di kawasan Ciputat, Wawan mengatakan, sebelum mobil dibawa ke bengkel, ada baiknya setiap kendaraan yang menjadi korban banjir, diharuskan melakukan tahapan awal, terutama dalam hal kelistrikan.

"Segera lepaskan kabel negatif pada aki. Hal ini dilakukan, bertujuan untuk menghindari arus pendek yang tentunya dapat merusak komponen lainnya," kata Wawan kepada VIVA.co.id.

Kedua, nonaktifkan rem parkir dan gunakan batu, atau bisa juga dengan memasukkan perseneling ke gigi pertama (manual) atau posisi P untuk kendaraan matik. Langkah kedua ini, dilakukan untuk menghindari kanvas rem melekat. Terutama, untuk mobil yang masih menggunakan rem tromol.

Langkah ketiga, lakukan pengecekan pada semua oli, atau minyak pelumas baik yang ada di mesin, transmisi, atau di beberapa bagian mobil lainnya. Ini dilakukan, karena oli berpotensi bercampur air. "Dianjurkan segera kuras oli dan ganti yang baru," uja Wawan.

Terakhir, jika kendaraan sudah mulai memungkinkan untuk dikendarai, segera dibawa ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh. (asp)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP