Tips Mudah Ketahui Mobil Bekas Terendam Banjir

Dok. Mobil di basement Kemang Square terendam banjir.
Sumber :
  • VIVA/Danardono

VIVA.co.id – Membeli mobil bekas menjadi alternatif yang banyak dipilih masyarakat. Maklum, harga mobil baru dengan fitur yang mumpuni saat ini dirasakan sangat mahal.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Namun untuk membeli mobil seken, banyak yang harus diperhatikan, termasuk sepak terjang diler terkait. Pasalnya tak sedikit penjual mobil bekas memoles mobil yang pernah terendam banjir agar tampil seperti mobil normal demi meraih untung  banyak.

Setidaknya dilansir Mobil88, Minggu 28 Agustus 2016, membeli mobil bekas yang pernah terendam banjir adalah tindakan nekat yang akan menguras uang pemilik kendaraan tersebut. Karena mobil bekas yang pernah terendam banjir sangat sulit untuk diperbaiki.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli mobil bekas agar tidak tertipu mobil korban banjir:

Pertama, meskipun tampilan eksterior (luar) terkesan bersih, jika dilihat lebih teliti, mobil bekas banjir sudah diotak-atik akan tampak noda yang melekat pada permukaan bodi mobil.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Kedua, meski proses pembersihan bagian luar dan dalam mobil rapi, namun mobil bekas banjir akan bau, noda-noda bekas banjir tidak bisa dihilangkan secara total.

Ketiga, bau apek yang menyengat akan tercium ketika duduk di dalam mobil yang pernah terendam banjir. Walaupun diberi pengharum mobil dengan wangi ekstrem sekalipun, hal itu tidak dapat menghilangkan aroma khas banjir.

Keempat, noda atau tanda bahwa mobil pernah terendam banjir tidak akan hilang, meskipun dibersihkan. Bagian interior yang sangat mudah dilihat, untuk mengetahui apakah mobil pernah terendam banjir atau tidak adalah karpet mobil, kain pelapis jok, plafon dan sabuk pengaman.

Kelima, terdapat karat adalah indikasi kuat bahwa mobil tersebut pernah terendam banjir.

Keenam, mobil yang pernah terendam banjir, instalasi kelistrikan yang terhubung dengan komponen lainnya juga akan terganggu. Seperti, AC, fitur entertainment (radio, CD player, DVD player), dan lainnya.

Beragam tanda yang tersebut di atas berujung pada kesimpulan pasti, yaitu hindari membeli mobil bekas yang pernah terendam banjir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya