TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Cara Pedagang Bikin Kinclong Mobil Bekas

Hal ini tentu membuat penasaran banyak pihak.
Cara Pedagang Bikin Kinclong Mobil Bekas
Mobil bekas (viva.co.id/Yasin)

VIVA.co.id – Tak sedikit masyarakat yang heran dengan kondisi mobil-mobil bekas yang dipajang di banyak showroom. Karena, mobil-mobil itu nampak mulus, mengkilap seperti baru, dan tidak seperti kendaraan bekas pakai orang lain. 

Para pedagang mobil bekas punya cara tersendiri agar barang dagangan terlihat demikian. Hal ini tentu menarik untuk dicermati, karena siapa tahu trik mereka bisa diterapkan para pemilik mobil.

Sunanta, pedagang mobil bekas di sentra WTC Mangga Dua, Jakarta Utara, mengakui penjual mobil bekas punya cara tersendiri bikin mulus kendaraan dagangannya. Langkah pertama, mencuci bersih dan dilakukan sejumlah polesan dengan beberapa tahapan.

"Selanjutnya, pada tahapan polesan, bisa mengakali goresan tipis dengan menggunakan kompon sebagai bahan utama. Caranya gosokkan kompon secara manual atau menggunakan lap. Untuk hasil akhir, seluruh bodi, terkecuali yang lecet, dioleskan Sanpoli, kinclongnya merata,” kata dia kepada VIVA.co.id.

Sementara, jika mobil sudah jamuran pada bodi dan kacanya, mereka mengakalinya dengan bahan penghilang jamur.  "Kita tetap gunakan kompon, tapi dengan membaluri semua bodinya dan menggunakan alat poles. Langkah akhirnya tetap gunakan Sanpoli dan Metallic Wax biar lebih sempurna. Berbeda dengan kaca yang berjamur, memang diharuskan menggunakan cairan khusus,” ujarnya.

Deretan mobil bekas di WTC Mangga Dua, Jakarta Pusat

Sentra penjualan mobil bekas di WTC Mangga Dua. Foto: VIVA.co.id/Yasin Fadilah

Ia pun menambahkan, cara itu tentu berbeda dengan mobil yang sudah mengalami lecet parah, karena sudah tidak bisa dihilangkan bekas lecetnya. “Kami langsung bawa ke tukang body repair, hanya untuk cat beberapa bagian yang sudah lecet. Kalau sudah begitu sekalian dipoles semuanya biar enggak kerja dua kali,” katanya.

Atasi lampu kusam

Bersihkan lampu mobil dengan pasta gigi.

Atasi kusam pada lampu mobil. Ilustrasi. Foto: Carscoops

Masalah lain yang sering kali menjadi perhatian adalah lampu kusam. Kasus ini biasanya akrab dengan mobil-mobil lawas. Kendati demikian, kasus tersebut tidak hanya dialami oleh mobil yang berusia tua saja. Mobil yang berusia muda pun bisa mengalami kusam di bagian lampu depan. Hal ini tentunya mengganggu pencahayaan lampu.

Menurut pemilik showroom mobil bekas di bilangan Radio Dalam, Jakarta Selatan, Vink, lampu kusam disebabkan beberapa faktor. "Lampu kusam itu biasanya diakibatkan sering terkena panas bohlam lampu, dan juga memang karena usia," kata Vink kepada VIVA.co.id.

Menurutnya, cara membersihkannya pun terbilang mudah dan murah. Hal yang pertama kali dilakukan adalah membersihkan bagian lampu yang kusam dengan air, lalu diseka dengan lap hingga kering. "Kedua, lampu digosok dengan kompon putih. Agar lebih maksimal, gunakan alat poles bodi mobil. Hal ini dilakukan untuk mengangkat kotoran yang ada di lampu," katanya.

Setelah selesai digosok, kemudian lakukan finishing dengan menggosok lampu memakai bahan poles bodi mobil.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP