TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Chemco Rilis Pelek Tapak Lebar Buat Tiger Revo, Harganya?

Pelek ini berukuran 250-450 ring 17.
Chemco Rilis Pelek Tapak Lebar Buat Tiger Revo, Harganya?
Jacob Daria Sanjaya, pemilik Inti Jaya Motor. (VIVA.co.id/Rendra Saputra)

VIVA.co.id – Penggila modifikasi khususnya roda dua pasti akrab dengan pelek bermerek Chemco. Ya, pelek berkualitas Original Equipment Manufacture (OEM) yang menyediakan edisi aftermarket untuk V-Ixion dan Kawasaki Ninja 250 Fi itu baru-baru ini rupanya merilis pelek tapak lebar untuk Honda Tiger Revo.

Meski motor itu sudah ‘disuntik mati’ alias tak lagi diproduksi, namun Chemco memilih menghadirkan edisi tapak lebar untuk Tiger Revo lantaran peminatnya yang cukup tinggi.

Menurut Jacob Dario Sanjaya, pemilik Inti Jaya Motor, distributor resmi pelek Chemco di Indonesia, pelek untuk Tiger Revo ini baru dirilis tiga bulan lalu dengan tiga pilihan warna.

"Kami rilis tiga warna, yakni hitam, putih, dan gold. Ukurannya, untuk depan 250 dan belakang 450 dengan ring 17. Pemasangan plug and play (PnP) alias tinggal pasang. Namun demikian, tentu untuk pengaplikasian pelek lebar syaratnya arm harus arm lebar," kata Jacob kepada VIVA.co.id, di markasnya, Kebon Jeruk V, Nomor 260A, Jakarta Barat.

Jacob menjelaskan, pelek alumunium ini memiliki bobot sekira 11 kilogram satu setnya. Meski baru dirilis, sejauh ini sudah banyak penggila Tiger Revo termasuk komunitas yang sudah menggunakannya. "Pelek lebar diminati kalangan biker karena sangat nyaman dan aman digunakan untuk touring, selain itu juga tentu menambah keren penampilan," kata dia.

Untuk harga, pelek tapak lebar Chemco untuk Tiger Revo dengan model palang 'Y' ini dibanderol Rp1,7 juta. Sementara untuk ukuran 250-350 ring 17, dibanderol dengan harga Rp1,5 juta.

"Soal kualitas, tak perlu diragukan. Karena pelek Chemco memiliki standar yang tinggi. Tiap pelek yang dirilis Chemco telah melewati pengujian panjang di Jepang, jadi butuh dua tahun untuk merilis tiap satu model pelek. Pelek ini sudah bersertifikasi SNI, JWL dan DOT, standarnya sudah internasional," kata dia.

Pelek lebar Chemco untuk Honda Tiger Revo.

Pelek tapak lebar Chemco untuk Tiger Revo. Foto: VIVA.co.id

Inti Jaya Motor juga mengaku memberikan garansi satu tahun pada pelek ini yang berlaku mulai dari tanggal pembelian. Garansi berlaku jika bibir pelek pecah, palang patang, dan rumah bearing oblak. "Kami akan ganti unit baru," katanya

Selain untuk model Tiger Revo, Chemco juga membuat pelek tapak lebar untuk sejumlah jenis motor sport lainnya, sebut saja New Mega Pro, R25, Ninja 250Fi, serta Yamaha V-Ixion.

"Untuk V-Ixion harga Rp1,6 juta, New Mega Pro Rp1,5 juta, Kawasaki Ninja 250 Fi Rp2,9 juta, dan termahal untuk R25 Rp3,3 juta," kata dia.

Chemco palsu

Lantaran popularitasnya yang kian meroket, kini rupanya sudah beredar pelek Chemco edisi palsunya. Hal ini diakui Jacob sangat merugikan pihaknya, dan juga konsumen. 

Sejauh ini, Jacob menyebut dapat dengan mudah menemukan pelek Chemco palsu yang dibuat dengan kualitas terbatas. Harga jualnya pun separuh dari harga aslinya. "Tapi ini tentu merugikan konsumen juga, karena pelek merupakan peranti vital pada sepeda motor. Jika kualitasnya buruk, hantam lubang, penyok, dan celaka," kata dia.

Logo Chemco timbul penanda produk asli atau palsu.

Logo Chemco untuk memedakan produk asli atau palsu. Foto: VIVA.coid

Untuk terhindar dari pelek Chemco palsu, dia menjelaskan ada tiga hal yang patut jadi pedoman calon konsumen untuk bisa membedakannya. Pertama, yakni soal bobot. "Kalau pelek Chemco asli, ringan. Untuk motor sport sekira 11 kilogram satu setnya (250-450)," kata dia.

Kedua, yakni adanya logo Chemco timbul di bagian dalam pelek. Biasanya, untuk versi palsunya, meski disematkan tulisan JWL (Japan Light Alloy), namun tak berani menjejalkan tulisan timbul Chemco. "Ketiga, jika disentil Chemco asli akan bersuara nyaring, berbeda dengan versi palsunya agak berat, karena banyak babetnya," kata dia.

Baca juga: Pengguna Skutik Lagi Demam Pakai Pelek Lebar Chemco

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP