Trik Sederhana Jika Susah Pindah Gigi Mundur

Tuas transmisi manual.
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVA.co.id – Sejumlah pengendara mobil transmisi manual pasti pernah mengalami kasus sulit meng-over kopling ke posisi mundur. Masalah ini kadang terjadi saat mobil hendak diparkir. Kasus ini terjadi karena ada sesuatu yang mengganjal.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Tetapi jangan dahulu panik, sebab ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Dilansir AstraWorld, Senin, 29 Agustus 2016, salah satu solusi untuk menangani masalah susah gigi mundur pada mobil bertransmisi manual adalah lepas pedal kopling, kemudian injak kembali pedal kopling, baru masukkan gigi ke posisi mundur.

Cara tersebut dianggap ampuh. Dengan begitu, praktis tuas transmisi langsung mudah masuk di posisi mundur. Mobil pun dapat digerakkan ke belakang. Cara lain yang bisa diterapkan adalah masukkan dahulu ke gigi satu, baru kemudian geser transmisi ke posisi mundur. Hasilnya sama, tuas transmisi akan mudah masuk ke posisi mundur.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Alasan teknis di balik solusi ini hampir mirip dengan langkah pertama. Saat hendak mundur sangat mungkin kita mengalami masalah seperti di atas, karena komponen gigi mundur disusun dengan konstruksi sejajar (sliding). Untuk bisa masuk, mata gigi pemutar dan alur gigi yang akan diputar harus berada pada posisi yang sangat pas. Sedikit saja meleset, tuas akan terasa keras. Seolah ada sesuatu yang mengganjal.

Ganjalan itu akan hilang setelah tuas transmisi kita posisikan ke gigi satu terlebih dahulu. Ini ada kaitannya dengan konstruksi gigi maju (1, 2, 3, 4 dan 5) yang menggunakan sistem syncromesh. Pada saat gigi di posisi satu, maka syncromesh menyamakan gigi pemutar dengan gigi yang akan diputar.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Pergeseran pada konstruksi gigi maju tersebut dapat mengakibatkan pergeseran pula di konstruksi gigi mundur. Implikasi selanjutnya, kemungkinan besar akan terjadi kesesuaian antara mata gigi pemutar dan alur gigi yang akan diputar. Kesesuaian itulah yang kemudian memudahkan kita dalam menggeser tuas transmisi ke posisi mundur.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022