TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Penyebab Telatnya Pengiriman Toyota Calya

“Ada diler yang berani menawarkan Calya sebelum peluncuran."
Penyebab Telatnya Pengiriman Toyota Calya
Toyota Calya. (VIVA.co.id/Purna Karyanto)

VIVA.co.id – Toyota Calya dan Daihatsu Sigra resmi meramaikan bursa mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC). Dua mobil baru ini dijual dengan harga di bawah Avanza-Xenia, namun kapasitas penumpangnya sama-sama tujuh penumpang.

Meski sudah beberapa pekan meluncur, namun banyak konsumen, terutama di Jabodetabek, yang hingga hari ini belum menerima unit pesanan mereka.

Public Relation Manager PT Toyota Astra motor (TAM), Rouli Sijabat menjelaskan, sejak awal Agustus, TAM mendistribusikan Calya ke 36 diler yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun, pengiriman baru dilakukan setelah pekan kedua Agustus 2016.

“Jadi, kami lakukan pengiriman ke konsumen itu setelah ada keputusan harga di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, bukan dari peluncuran resminya pada awal Agustus,” ujarnya saat dihubungi VIVA.co.id, Senin, 29 Agustus 2016.

Menurutnya, kalau ada konsumen yang merasa lama menunggu pengiriman unit, itu tergantung dari diler. Kata dia, setiap diler itu mempunyai antrean pemesanan masing-masing.

“Ada diler yang sudah berani menawarkan Calya sebelum peluncuran dan harga resminya diterbitkan. Efeknya, pemesanan banyak, tapi unit tidak tersedia. Jadi, wajar kalau ada pengiriman yang cepat dan ada yang lambat,” jelasnya.

Bukan hanya itu, faktor lain bisa dari selera konsumen itu sendiri. “Bisa saja dari warna yang konsumen inginkan. Kalau di diler tersebut warnanya tidak tersedia, itu wajar kalau pengiriman jadi lebih lambat,” katanya.

Hal serupa juga disampaikan Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra. Ia mengatakan, ADM baru melakukan pengiriman unit ke konsumen setelah harga diresmikan di GIIAS 2016.

“Karena, setiap daerah itu sama saja, tidak terkecuali Jakarta. Apa lagi pemesanan yang menumpuk dan stok unit di diler tidak sesuai. Itu salah satunya penyebabnya,” ujarnya saat dihubungi VIVA.co.id.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP