TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Setel Kopling Mobil Ternyata Tak Sulit, Ini Caranya

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
Setel Kopling Mobil Ternyata Tak Sulit, Ini Caranya
Ilustrasi kopling mobil. (www.toyota.astra.co.id)

VIVA.co.id – Mengendarai mobil dengan kopling manual di jalanan Jakarta, tentu bukan perkara mudah. Sebab, saat terjebak di tengah kemacetan, tentu Anda harus bekerja keras berulang-ulang menginjak kopling.

Terlebih, jika kopling mobil Anda terasa keras. Nah, dalam kesempatan ini, VIVA.co.id mencoba memberikan sedikit tips untuk sedikit mengakali kerasnya kopling, terutama bagi pemula. Dan, ternyata tak sesulit yang dibayangkan.

Menurut Iwan, salah seorang teknisi bengkel di Ciputat, cara menyetel kopling mobil manual sebenarnya tak sesulit yang dibayangkan.

Hal terpenting yang harus diingat, menurut Iwan, Anda harus menyesuaikan jarak pedal kopling dengan selera Anda. "Untuk beberapa jenis mobil seperti Suzuki Ertiga, dapat dilakukan dengan memutar baut penyetel," kata Iwan kepada VIVA.co.id, beberapa waktu lalu.

Setelah membuka kap mesin, cari tuas pengungkit pelat kopling dan ujung kabel kopling. Lalu, Anda dapat menyetel dengan memutar baut. Untuk memudahkan, angkat mur penyetel kabel kopling, sehingga dapat terbebas dari karet penahan.

Lakukan secara bertahap dengan sedikit putaran, lalu coba pedal kopling di injak dan memasukkan ke gigi 1 dengan kondisi mesin menyala dan coba diangkat apakah sudah nyaman. Bila belum, lakukan pemutaran mur ke arah yang sesuai hingga tercapai ketinggian pedal kopling yang diinginkan.

Masih menurut Iwan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyetel ketinggian pedal kopling. Jangan menyetel kopling terlalu rendah, karena nantinya saat oper gigi justru terasa lebih keras.

Tapi jangan juga terlalu tinggi menyetel kopling, karena hal itu dapat memicu kopling selip, sehingga menjadi cepat aus dan panas yang ujung-ujungnya justru akan membuat kendaraan Anda lebih boros bahan bakar. (asp)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP