TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Kasar Pindah Kopling Bikin Boros Konsumsi BBM?

Anggapan ini ternyata bukan mitos belaka.
Kasar Pindah Kopling Bikin Boros Konsumsi BBM?
Tuas transmisi manual. (VIVAnews/Sandy Mahaputra)

VIVA.co.id – Hingga kini banyak pengendara yang masih bertanya-tanya, apakah perpindahan gigi transmisi yang tepat akan membuat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) menjadi lebih hemat?

Dilansir AstraWorld, Senin, 29 Agustus 2016, hal itu ternyata benar adanya. Perpindahan gigi yang tepat dapat membuat irit BBM. Artinya, jika Anda asal melakukan pindah kopling dan kasar melakukannya, tentu akan membuat boros konsumsi BBM.

Untuk melakukan pengetesan benar atau tidak teori tersebut, mudah sekali. Anda bisa perhatikan data teknis mobil Anda. Lihat keterangan mengenai torsi maksimum. Umumnya buku manual memuat keterangan mengenai data ini. Biasanya, tertulis dengan satuan feet/lbs, feet-pounds, atau newton meter (Nm). Masing-masing mesin memiliki torsi maksimum yang berbeda. Biasanya, angka torsi (momen) selalu dikaitkan dengan angka putaran mesin (rpm).

Sebagai contoh: jika data teknis pada buku manual tertulis torque maximum: 200Nm/3750rpm, ini berarti, momen tertinggi sebesar 200Nm terjadi pada saat mesin berputar sebanyak 3.750 per menit. Pada contoh ini, berarti sebaiknya kita melakukan perpindahan gigi ketika rpm menunjukkan kisaran angka 3750. Angka rpm dapat dilihat di tachometer yang berada pada dasbor mobil.

Angka rpm di tachometer juga penting kita perhatikan, tidak hanya saat pergantian gigi ke posisi yang lebih tinggi. Untuk mengefektifkan konsumsi BBM, saat melaju di jalan, pertahankan putaran mesin pada kisaran torsi maksimum tersebut. Karena, pada saat itulah supply BBM sangat sesuai dengan output yang dihasilkan mesin dan tenaga yang dibutuhkan untuk menggerakkan mobil.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP