TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Adu Murah Servis Motor Matik Honda, Yamaha dan Suzuki

Mana yang paling murah?
Adu Murah Servis Motor Matik Honda, Yamaha dan Suzuki
Seorang montir tengah melakukan servis sepeda motor. (Foto: Dok Astra Motor)

VIVA.co.id – Sepeda motor matik masih menjadi pilihan beberapa pengguna motor Indonesia. Alasannya, motor ini dianggap lebih mudah saat dikendarai. Namun, seperti kendaraan lain, motor ini juga butuh perawatan, dari mulai servis kecil, hingga servis besar.

Nah, dalam kesempatan ini, VIVA.co.id mencoba membandingkan biaya servis motor matik dari tiga perusahaan motor terkemuka di Indonesia, yakni Honda, Yamaha, dan Suzuki.

Menurut General Manager Aftersales and Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Muhammad Abidin, untuk sepeda motor matik biaya servis berkisar antara Rp32 ribu hingga Rp40 ribu.

"Itu untuk motor Yamaha Mio, Mio Z, dan kategori mesin matik lainnya," kata Abidin saat dihubungi VIVA.co.id, Selasa 30 Agustus 2016.

Menurutnya, untuk komponen yang diganti dalam servis ringan terdiri dari 20 item yang dikerjakan. "Seperti cek suspensi depan dan juga belakang, roda dan jari-jari, oli mesin, hingga komponen terkecil seperti baut pengikat ikut dicek," ujar dia.

Sementara itu, untuk servis ringan motor matik milik Honda, Kepala Mekanik Honda AHASS Langgeng Jaya, Cipinang, Sulaeman mengatakan, biayanya berkisar antara Rp55 ribu hingga Rp65 ribu. "Biaya ini untuk semua matik seperti Scoopy, Vario, dan Beat," kata dia.

Untuk komponen yang dicek dalam pengerjaan service ringan, menurut dia, terdiri dari sembilan poin. "Injeksi, ganti oli mesin, busi motor hingga dicek bagian lampu dan klakson motor," katanya.

Lalu, bagaimana dengan Suzuki? Dari penulusuran VIVA.co.id di sebuah diler Suzuki di Duren Sawit, untuk biaya servis ringan antara Rp35 ribu hingga Rp41 ribu. “Itu sudah dicek injeksi, CVT, busi serta komponen lainnya seperti rem. Tetapi, itu di luar oli ya,” kata salah seorang mekanik. (asp)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP