TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

VIDEO: Truk Ini Dibuat Khusus untuk Pecahkan Rekor

Truk mengusung mesin enam silinder bertenaga 2.400 daya kuda.
VIDEO: Truk Ini Dibuat Khusus untuk Pecahkan Rekor
Truk Volvo The Iron Knight. (Dok: Volvo)

VIVA.co.id – Perusahaan otomotif asal Swedia, Volvo, baru-baru ini menciptakan sebuah truk tercepat di dunia. Truk tersebut diberi nama The Iron Knight.

Seperti dilansir Paultan, Selasa, 30 Agustus 2016, truk berbobot 4,5 ton tersebut dikendarai oleh pembalap truk Boije Ovebrink, dan berhasil menempuh jarak 1.000 meter dengan catatan waktu 21,29 detik.

Kecepatan truk saat melintas di garis akhir yakni 169 kilometer per jam. Sementara untuk rekor 500 meter, The Iron Knight berhasil menyelesaikannya dalam 13,71 detik, dengan kecepatan 131,29 kilometer per jam.

Meski tidak disebutkan secara pasti berapa kecepatan maksimalnya, namun The Iron Knight diklaim mampu menembus angka 276 kilometer per jam.

Khusus dibangun untuk menciptakan rekor truk tercepat, The Iron Knight menggendong mesin D13 enam silinder yang dimodifikasi dengan empat turbocharger.

Kombinasi tersebut menghasilkan tenaga hingga 2.400 daya kuda dan torsi 6.000 Newton meter.

Demi membuat beban mesin menjadi ringan, semua perangkat elektronik yang tidak dibutuhkan dilepas. Bahkan bodi truk juga dibuat ulang dengan memakai material fiberglass yang ringan.

Anda dapat melihat videonya di bawah atau klik tautan ini:

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP