TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Ganti Oli Empat Mobil Merek Kondang, Mana yang Paling Murah?

Daihatsu menjadi yang termurah.
Ganti Oli Empat Mobil Merek Kondang, Mana yang Paling Murah?
Servis Mobil

VIVA.co.id – Biaya servis yang murah tentu menjadi salah satu pertimbangan orang untuk memilih kendaraan. Nah, kali ini VIVA.co.id mencoba membandingkan biaya servis untuk empat produsen mobil kondang di Indonesia. Mereka adalah Toyota, Suzuki, Daihatsu dan Honda. Mana yang lebih murah?

Kali ini digunakan perbandingan mobil yang telah menempuh jarak 10.000 km. Untuk biaya servis termasuk ganti oli berapa biaya yang dikenakan pada konsumen. Dari beberapa diler resmi yang VIVA.co.id sambangi, rupanya biaya servis bervariasi. 

Suparman, Service Advisor bengkel resmi Toyota, mengatakan untuk mobil yang baru menempuh 10.000 km itu hanya mengganti oli mesin dan filter oli. “Ini pertama kali dilakukan untuk pergantian oli, untuk sekelas Avanza, Etios, dan Rush harganya Rp500 ribuan karena ongkos servis masih gratis,” kata dia.

Sedangkan Daihatsu lebih murah Rp100 ribu untuk pergantian oli dan filter olinya.  “Sebenarnya kalau untuk antisipasi di 5.000 km sudah harus ganti oli, meskipun peraturannya 10.000 km baru diwajibkan ganti, untuk biayanya hanya Rp400 ribu untuk Xenia, dan Terios,” kata Alamsyah, Service Advisor bengkel resmi Daihatsu.

Untuk mobil Suzuki biaya yang dikenakan juga Rp500 ribu. “Untuk biaya Rp500 ribu untuk ganti oli Suzuki 5W30, dan filter oli saja dan ini berlaku untuk Suzuki Swift, dan Suzuki Ertiga,” kata Abdul Malik, Servis Advisro bengkel resmi Suzuki.

Sementara untuk Honda kali ini memiliki harga yang sama dari kedua brand Jepang tersebut. Menurut Ari Eko, Service Advisor Honda, untuk biaya pergantian oli Honda HAO 0/20 dan filter oli itu Rp 518 ribu, karena ongkos servis masih gratis.

Kesimpulannya, Daihatsu saja yang biayanya Rp400 ribuan atau menjadi yang termurah sedangkan Honda menjadi yang termahal.

 

(ren)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP