Ingat, Jangan Isi Air Wiper dengan Sampo Biasa

Ilustrasi mengisi cairan wiper.
Sumber :
  • Youtube

VIVA.co.id – Wiper atau penghapus kaca merupakan alat yang tak terpisahkan pada setiap mobil. Alat ini digunakan untuk membersihkan kaca mobil dari kotoran yang menempel pada kaca depan.

Pemilik Honda Jazz Ini Bikin Ngakak Orang Lain di Jalan Raya

Fungsi wiper yang sangat vital pada kendaraan membuatnya harus sering dirawat. Bagi sebagian orang, mengisi air wiper dengan sabun atau sampo merupakan salah satu cara agar wiper tidak cepat rusak. Benarkah demikian?

Menurut Technical Support PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Azwar, mengisi wiper dengan sampo atau sabun tidak dianjurkan. Hal ini karena sampo tidak dirancang untuk wiper mobil.

Cara Bikin Wiper Mobil Awet Meski Sering Dijemur di Parkiran

"Tidak dianjurkan. Sampo dan juga sabun itu kan penggunaannya bukan untuk mobil, walaupun ada beberapa kandungan yang sama," kata Azwar saat dihubungi VIVA.co.id, Rabu 31 Agustus 2016.

Apabila dipaksakan, akan membuat motor pompa air wiper berkarat.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

"Kalau tetap menggunakan sampo, bisa terjadi karat pada motor washer-nya. Hal ini karena kadar air yang ada di wiper menjadi asam,” jelasnya.

Maka dari itu, ia menyarankan agar pengguna mobil menggunakan air biasa, untuk menjaga keawetan wiper dan juga motor washer-nya.

"Iya, air biasa aja. Tapi kalau memang ingin menggunakan cairan, gunakan washer fluid yang khusus untuk wiper," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya