TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Ingat, Jangan Isi Air Wiper dengan Sampo Biasa

Sampo bisa membuat pompa washer berkarat.
Ingat, Jangan Isi Air Wiper dengan Sampo Biasa
Ilustrasi mengisi cairan wiper. (Youtube)

VIVA.co.id – Wiper atau penghapus kaca merupakan alat yang tak terpisahkan pada setiap mobil. Alat ini digunakan untuk membersihkan kaca mobil dari kotoran yang menempel pada kaca depan.

Fungsi wiper yang sangat vital pada kendaraan membuatnya harus sering dirawat. Bagi sebagian orang, mengisi air wiper dengan sabun atau sampo merupakan salah satu cara agar wiper tidak cepat rusak. Benarkah demikian?

Menurut Technical Support PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Azwar, mengisi wiper dengan sampo atau sabun tidak dianjurkan. Hal ini karena sampo tidak dirancang untuk wiper mobil.

"Tidak dianjurkan. Sampo dan juga sabun itu kan penggunaannya bukan untuk mobil, walaupun ada beberapa kandungan yang sama," kata Azwar saat dihubungi VIVA.co.id, Rabu 31 Agustus 2016.

Apabila dipaksakan, akan membuat motor pompa air wiper berkarat.

"Kalau tetap menggunakan sampo, bisa terjadi karat pada motor washer-nya. Hal ini karena kadar air yang ada di wiper menjadi asam,” jelasnya.

Maka dari itu, ia menyarankan agar pengguna mobil menggunakan air biasa, untuk menjaga keawetan wiper dan juga motor washer-nya.

"Iya, air biasa aja. Tapi kalau memang ingin menggunakan cairan, gunakan washer fluid yang khusus untuk wiper," ungkapnya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP