TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Trik Ampuh Jika Ban Meletus saat Ngebut di Tol

Ban pecah memiliki risiko besar terhadap kecelakaan.
Trik Ampuh Jika Ban Meletus saat Ngebut di Tol
Ilustrasi pecah ban. (Acc)

VIVA.co.id – Pada dasarnya kondisi kendaraan tak bisa sepenuhnya terpantau tiap saat, apakah dalam keadaan baik atau sebaliknya. Yang pasti, jurus ampuh untuk menangkal kejadian terburuk, yakni kerap melakukan servis rutin atau melakukan pemeriksaan tiap kali mobil sebelum digunakan.

Tetapi, ada kejadian lain yang kerap menjadi momok pengendara, yakni kasus ban meletus saat tengah berkendara. Kasus ini tentu berbahaya, karena risikonya bisa saja mengakibatkan kecelakaan fatal.

Dilansir situs resmi Toyota, Rabu, 31 Agustus 2016, cara terbaik jika mengalami kasus tersebut yakni segera nyalakan lampu hazard dan langsung tepikan kendaraan ke bahu jalan. Usahakan jangan panik karena akan menambah repot keadaan.

Jika ban meletus saat Anda tengah melaju di jalur bebas hambatan alias tol, cara paling aman adalah membiarkan kendaraan Anda terus melaju sembari mengarahkan ke tepi, tanpa menginjak pedal gas sampai akhirnya kendaraan berhenti.

Dianjurkan Anda juga jangan sampai kehilangan fokus saat mengendalikan mobil. Anda juga dapat menggunakan engine brake untuk menahan laju kendaraan sampai kecepatan rendah.

Perhatikan juga ban bagian mana yang bocor, jika ban pecah di bagian depan, maka Anda perlu melakukan counter steering. Jadi apabila seandainya saja ban Anda pecah bagian kiri, maka setir akan berat ke kiri. Jadi yang harus Anda lakukan adalah arahkan kemudi ke kanan hingga arah laju tetap stabil, begitu pun sebaliknya.

Jangan rem mobil secara mendadak. Mengerem mobil secara mendadak akan memindah bobot mobil ke depan, akibatnya setir akan semakin menarik ke arah ban pecah dan mobil akan berbalik. 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP