TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Cara Gampang Bikin Aki Motor Tahan Lama

Aki soak juga dapat memicu mesin motor rusak.
Cara Gampang Bikin Aki Motor Tahan Lama
Aki motor. (www.welovehonda.com)

VIVA.co.id – Mengingat peran penting aki bagi sebuah kendaraan tentu membuat Anda harus rutin melakukan perawatan sehingga usia pakai akan lebih lama. Malas untuk melakukan perawatan tentu aki akan menjadi soak.

Aki yang soak juga berpotensi membuat bagian-bagian kendaraan termasuk mesin juga berpotensi mengalami kerusakan. Hal itu tentu akan membuat biaya perawatan kendaraan semakin membengkak. Lantas, Bagaimana cara merawat aki motor agar tetap awet?

Kepala Mekanik Honda AHASS Langgeng Jaya, Sulaeman menjelaskan aki bisa awet apabila mesin motor sering dinyalakan. Hal ini menurutnya agar menjaga kelistrikan aki motor tetap stabil. "Minimal seminggu digunakan dua hingga tiga kali, kalau motor tidak dipakai, panaskan saja dua menit, supaya tidak soak akinya," kata Sulaeman saat ditemui VIVA.co.id.

Menurut dia, penggunaan starter motor pada saat lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) sedang menyala juga membuat aki semakin berkurang keawetannya. Pasalnya, dengan MIL menyala tentu kondisi motor sedang tidak sehat.

"Kalau lampu MIL masih hidup terus langsung dihidupkan, kelistrikannya akan menyedot lebih banyak dari biasanya. Maka dari itu, tunggu lampu MIL nya padam terlebih dahulu, agar lebih awet," ujar dia.

Selain itu, Ia menyarankan agar selalu menggunakan electric starter setiap hari. Ini berguna untuk menghantarkan kelistrikan agar terbiasa. "Kecuali pagi hari. Penggunaan kick starter dapat membantu menyebarkan oli ke seluruh komponen dalam mesin motor dan itu bagus," katanya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP