TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Melirik Desa Unik Tanpa Mobil dan Motor

Desa ini memiliki jumlah penduduk 2.600 jiwa.
Melirik Desa Unik Tanpa Mobil dan Motor
Giethoorn, desa unik tanpa mobil dan motor. (Dailymail)

VIVA.co.id – Pada umumnya, sebuah wilayah pasti didukung jalan raya untuk memudahkan penduduknya beraktivitas. Namun, ada yang unik pada desa yang satu ini, di mana tak ada jalan raya. Warga di sana justru memanfaatkan sungai-sungai kecil pengganti jalan raya.

Giethoorn, merupakan nama desa tersebut. Desa yang memiliki penduduk berjumlah 2.600 jiwa itu berada di Provinsi Overijsse Belanda. Wilayah ini diketahui masih masuk dalam bagian taman nasional Weerribben-Wieden. Desa ini terbilang menarik, karena selain tak memiliki jalan raya, Giethoorn juga menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Demikian dilansir Dailymail, Rabu, 31 Agustus 2016.

Karena tak ada jalan raya, Anda pun tak akan menemui mobil atau sepeda motor lalu-lalang di desa ini. Para penduduk atau turis yang berkunjung hanya menggunakan perahu untuk beraktivitas dan menapaki tiap sudut Giethoorn. Jalan raya untuk mobil hanya terdapat pada jalur untuk menuju desa ini. Andai pun ada jalan, hanya setapak untuk digunakan pejalan kaki.

Keunikan lainnya yang ada pada desa ini, sungai-sungai yang mengelilingi akan membeku jika musim dingin tiba. Sungai-sungai yang membeku ini nantinya bakal alih fungsi menjadi arena ice skating oleh para warga dan wisatawan. Karena keindahan dan keunikannya, tak heran jika desa ini dijuluki Venesia dari Belanda.

Giethoorn, desa unik tanpa mobil dan motor.

Berdasarkan laporan di sejumlah literasi, Giethoorn merupakan desa dengan luas empat mil. Desa unik ini awalnya dibangun oleh sekelompok buronan dari wilayah Mediterania untuk persembunyian mereka.

Giethoorn, desa tanpa mobil dan motor.

Ada ciri khas rumah-rumah yang ada pada desa ini, yakni bagian atapnya pasti menggunakan jerami dan dinding penuh warna-warni. Desain rumah di sana dikatakan merupakan warisan sejak abad ke-18. Terdapat pula 176 jembatan lengkung kayu untuk memudahkan pengunjung dari sungai ke rumah-rumah warga.

Giethoorn, desa unik tanpa mobil dan motor.

Giethoorn, desa unik tanpa mobil dan motor.

Banyak turis yang betah berlama-lama jika berada di sana, karena desa ini menawarkan ketenangan, di mana banyak pula pepohonan hijau dan banyak burung berkicau nyaring yang semakin memperlengkap suasana tenang.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP