TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Penjualan Sepeda Motor Merosot, Ekspor Jadi Tumpuan

“Targetnya sekitar 6,45 juta walaupun komposisinya agak berubah."
Penjualan Sepeda Motor Merosot, Ekspor Jadi Tumpuan
Produsen sepeda motor. (U-Report)

VIVA.co.id – Penjualan sepeda motor secara whosales (pabrik ke diler) sampai bulan Juli 2016 mencatatkan angka 3,26 juta. Penjualan tersebut menurun dibandingkan tahun sebelumnya yang mampu mencatatkan penjualan 3,59 juta dengan periode yang sama.

Meski mengalami penurunan, Ketua bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Sigit Kumala mengatakan bila target penjualan sepeda motor diyakini mampu mencapai 6,45 juta sepanjang tahun 2016 meski komposisi domestik dan ekspor akan berubah.

“Targetnya sekitar 6,45 juta walaupun komposisinya agak berubah. Kalau dulu kan domestiknya sekitar 6,25 juta dan sisanya ekspor, sekarang mungkin akan berubah,” kata Sigit, Rabu 31 Agustus 2016.

Penurunan penjualan untuk pasar domestik diakui Sigit bisa mencapai 150 ribu unit kendaraan sepanjang tahun ini. Hal ini menyebabkan ekspor akan menggantikan penurunan penjualan di pasar domestik.

“Sekarang mungkin konsumsi domestiknya turun, tadinya 6,25 juta sekarang mungkin 6,1 juta, sisanya ekspor. Domestik menurun dan ekspor naik,” kata Sigit.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Gunadi Sindhuwinata memprediksi penjualan kendaraan roda dua tahun ini akan mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu.

Penjualan sepeda motor sebanyak 6,48 juta unit di tahun 2015, disebutkan akan mengalami peningkatan menjadi 6,5 juta unit di tahun ini.

 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP