DP Kendaraan Nol Persen, Ini Tanggapan AISI

Ilustrasi kredit motor.
Sumber :
  • Duitpintar.com

VIVA.co.id – Bukan rahasia lagi jika ketatnya persaingan di industri otomotif memicu persaingan tak sehat. Termasuk dengan perang Down Payment atau uang muka yang menyentuh angka terendah dan mengesampingkan aturan yang berlaku. Bahkan kini mencuat wacana DP nol persen.

Ustaz Abdul Somad Bicara Kredit Mobil di Hadapan Pelawak

Hal itu mendapat tanggapan dari Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI). Menurut Ketua Bidang Komersial AISI, Sigit Kumala, pemberian DP seringan mungkin itu merupakan strategi pihak leasing untuk menarik minat para konsumen.

“Itu kan biasanya untuk menarik konsumen supaya mau datang, bahasa promosi saja, tapi kenyataannya relatif kecilah yang DP rendah itu,” kata Sigit kepada VIVA.co.id.

Plat Nomor di Sepeda Motor Ini Bikin Warganet Baper

Menurut Sigit, DP terendah yang telah dilakukan beberapa leasing untuk pembelian secara kredit ini sebenarnya cukup membantu untuk merangsang daya beli masyarakat. Namun ia berharap penurunan DP ini tetap dibatasi karena justru akan memperbesar potensi kredit macet.

“Menurut kami saat ini pemberian kredit kepada konsumen itu sudah masuk taraf wajar, karena kalau terlalu jor-joran dampakya bisa ke kredit macet, kalau sekarang ini kredit macet relatif berjalan normal,” kata Sigit.

Nyicil Mobil Gak Perlu Repot ke Kantor Leasing, Kok Bisa?

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana memangkas uang muka alias DP kredit kendaraan bermotor menjadi 0 persen. Dengan adanya aturan ini diharapkan industri otomotif dapat menggairahkan industri otomotif yang tengah lesu. Namun, hal itu belum sah karena Bank Indonesia belum merestui aturan tanpa uang muka ini.

(ren)

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022