Salah Kaprah Soal Asuransi All Risk, Anda Harus Tahu

Kecelakaan mobil. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Autoblog

VIVA.co.id – Asuransi kendaraan kini menjadi suatu hal yang penting bagi para pemilik kendaraan. Dengan asuransi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar jika terjadi kehilangan atau kerusakan pada mobil kesayangan.

Mobil Kebanjiran Jangan Asal Klaim Asuransi

Sales atau penjual mobil baru kerap menawarkan asuransi pada calon konsumennya. Umumnya, sales menawarkan dua jenis asuransi, yakni Total Loss Only (TLO) dan All Risk.

Tapi, benarkah ada asuransi all risk?

Jangan Asal Ngotot, Ini Alasan Asuransi Kendaraan Tolak Klaim

Manager Surveyor Garda Center Garda Oto Bangun Pambudi mengatakan, polis asuransi kendaraan bermotor itu hanya ada dua macam, TLO dan comprehensive. Ia mengatakan, semua perusahaan asuransi di Indonesia tidak ada yang memiliki jaminan all risk.

"Istilah all risk itu salah kaprah. Di dalam perjanjian kami dengan tertanggung, itu namanya comprehensive. Menjamin kerugian total dan jaminan yang ada di polis saja, termasuk kehilangan karena pencurian," ujarnya kepada VIVA.co.id di Jakarta.

Begini Cara Klaim Asuransi Mobil yang Tepat

Ia menegaskan, bencana alam termasuk dalam asuransi comprehensive. “Tapi itu kan pengecualian. Jadi ada perluasan penjaminan dan ada penambah biaya lagi. Kalau all risk itu harusnya semuanya sudah ditanggung, tanpa ada perluasan penjaminan," ungkapnya.

Asuransi mobil.

Klaim Asuransi Kendaraan Saat Ini Tidak Lagi Ribet

Klaim asuransi kendaraan seringkali memiliki sistem yang rumit tetapi hal ini berbeda dengan Tap Insure. Dimana, perusahaan ini memberikan jaminan kemudahan klaim asurans

img_title
VIVA.co.id
24 Oktober 2023