TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Waspada Iming-iming Asuransi Saat Beli Mobil Baru

"Cicilan ringan dan dijamin asuransi. Itu harus dipertanyakan."
Waspada Iming-iming Asuransi Saat Beli Mobil Baru
Pameran otomotif GIIAS 2016. (VIVA.co.id/ Jeffry Yanto)

VIVA.co.id – Semua pembelian kendaraan baru dengan cara kredit saat ini sudah dilengkapi dengan asuransi. Jenis asuransi yang bisa dipilih ada dua macam, Total Loss Only (TLO) dan comprehensive.

Umumnya, konsumen memilih asuransi comprehensive, karena dianggap lebih menguntungkan. Tapi, sebelum memilih jenis asuransi, ada baiknya Anda menyimak uraian berikut ini.

Manager Surveyor Garda Center Garda Oto Bangun Pambudi mengatakan, konsumen sebaiknya bertanya secara detail soal asuransi yang akan dibeli. Hal ini terutama berlaku untuk mobil baru yang dibeli secara kredit.

“Kalau mobil yang kredit dengan Down Payment (DP) murah, cicilan ringan, dan dijamin asuransi, itu harusnya dipertanyakan. Biasanya asuransi yang tadinya dijanjikan comprehensive itu bisa saja hanya tahun pertama, tahun kedua TLO," kata dia kepada VIVA.co.id di Jakarta.

Ia juga mengatakan,polis asuransi kendaraan bermotor itu hanya ada dua macam, TLO dan comprehensive. Semua perusahaan asuransi di Indonesia tidak ada yang memiliki jaminan all risk.

"Istilah all risk itu salah kaprah. Di dalam perjanjian kami dengan tertanggung, itu namanya comprehensive. Menjamin kerugian total dan jaminan yang ada di polis saja, termasuk kehilangan karena pencurian," katanya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP