TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Kesalahan Manusia Jadi Penyumbang Terbesar Kecelakaan di RI

Kecelakaan mobil menempati urutan tiga penyebab kematian.
Kesalahan Manusia Jadi Penyumbang Terbesar Kecelakaan di RI
Mobil-mobil yang terlibat kecelakaan di Tol Cipali. (VIVA.co.id/Muhamad Solihin)

VIVA.co.id – Pertumbuhan kendaraan bermotor yang terus meningkat, membuat kondisi jalanan semakin rawan. Oleh sebab itu, pengguna mobil atau motor diimbau terus waspada, jika tidak ingin terjadi kecelakaan.

Product Development Specialist Asuransi Astra, Vivi Evertina mengatakan, kendaraan bermotor menjadi salah satu penunjang aktivitas manusia. Jadi tidak heran, setiap tahun jumlah mobil bertambah sekitar satu juta unit dan motor 6-7 juta unit.

Menurutnya, meningkatnya jumlah kendaraan bermotor juga dibarengi naiknya angka kecelakaan lalu lintas.

"Kecelakaan mobil menjadi nomor tiga terbesar dari jumlah kematian di Indonesia, setelah jantung dan stroke. Penyebab kecelakaan 66 persen adalah human error," ujarnya saat ditemui di  Jakarta Selatan.

Ia menambahkan, sebenarnya risiko kecelakaan itu bisa dikelola. "Untuk manajemen risiko ada beberapa cara, yang pertama eliminasi. Misalnya, lebih baik jangan mempunyai mobil kalau tidak mau kecelakaan," jelasnya.

Selain itu, menghindari risiko itu bisa dilakukan dengan cara lebih hati-hati dan waspada saat berada di jalan. Yang ketiga, prepare the worst case, yakni dengan membeli produk asuransi.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP