Melihat Perkembangan Pabrik Mobil Esemka di Boyolali

Perakitan mobil Esemka di Solo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Maulana Surya

VIVA.co.id – PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) saat ini terus mengebut pembangunan pabrik yang akan memproduksi mobil cita rasa nasional, Esemka, di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali, Jawa Tengah. Pabrik ini diperkirakan akan menelan biaya sebanyak Rp2,1 trilliun.

Netralitas Jokowi saat Pemilu Disorot di Sidang PBB, Airlangga Bilang Begini

Proses pembangunan pabrik itu dilakukan sejak Januari 2016. Menurut proyeksi, pembangunan pabrik Esemka tersebut akan rampung pada akhir semester pertama 2016. Lantas, sudah siapkah pabrik tersebut?

Menurut Managing Director PT ACEH, Hosea Sanjaya, sampai saat ini pabrik yang berlokasi di pedesaan dalam Kota Boyolali itu masih dalam proses pembangunan. "Sampai saat ini fasilitas pabrik dan model spesifikasi produk masih proses penyempurnaan," kata Hosea saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis 1 September 2016.

Puluhan Ribu Pengendara Motor Kena Tilang Gara-gara Benda Ini

Dikatakan, fasilitas pabrik yang memanfaatkan lahan sekitar 13 hektare itu bakal menjadi pusat pembuatan dan juga penyebaran mobil nasional karya anak bangsa ini.

Rencananya, di dalam lahan pabrik yang cukup luas tersebut akan berdiri showroom, kantor untuk pemasaran dan juga untuk perakitan mobil. Namun, saat ditanyai lebih jauh terkait perkembangan pabrik yang berdomisili di Jawa Tengah tersebut, Hosea enggan menjelaskan secara detail.

Isu Jokowi Digadang Jadi Ketum, Elite Golkar: Minimal Jadi Kader 5 Tahun

Sebelumnya, Bupati Boyolali, Seno Samudro mengatakan, jika pabrik Esemka yang kini tengah dibangun memang memiliki lahan seluas 13 hektare. Secara teknis, tanah tersebut separuhnya merupakan sewaan dan separuhnya lagi milik PT ACEH.
"Proses pendirian pabrik sudah berlangsung, proses perizinan juga sudah clear hingga RT/RW termasuk analisis dampak lingkungan (AMDAL). Ini juga merupakan arahan dari Pak Jokowi," kata Seno kepada VIVA.co.id.

Karena sebagian tanahnya sewa, nanti setiap tahunnya akan dilakukan pembayaran cicilan oleh PT ACEH. Untuk mendukung rencana tersebut, Pemda Boyolali bahkan sudah menganggarkan dana sekitar Rp13 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah untuk pembangunan jalan dan pengembangan wilayah. "Pak Jokowi juga janji akan bantu," kata Seno.

Pabrik Esemka ini dikatakan juga akan dapat menyerap banyak tenaga kerja dari wilayah sekitar. Bahkan, kata Seno, berdasarkan pembicaraannya dengan Hendropriyono, ribuan lulusan SMK se-Solo Raya siap direkrut untuk sumber tenaga kerjanya. "Nantinya pabrik Esemka di Boyolali ini akan jadi basis produksi," kata Seno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya