TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Melihat Perkembangan Pabrik Mobil Esemka di Boyolali

PT ACEH bangun pabrik Esemka dengan biaya Rp2,1 triliun.
Melihat Perkembangan Pabrik Mobil Esemka di Boyolali
Perakitan mobil Esemka di Solo (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

VIVA.co.id – PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) saat ini terus mengebut pembangunan pabrik yang akan memproduksi mobil cita rasa nasional, Esemka, di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali, Jawa Tengah. Pabrik ini diperkirakan akan menelan biaya sebanyak Rp2,1 trilliun.

Proses pembangunan pabrik itu dilakukan sejak Januari 2016. Menurut proyeksi, pembangunan pabrik Esemka tersebut akan rampung pada akhir semester pertama 2016. Lantas, sudah siapkah pabrik tersebut?

Menurut Managing Director PT ACEH, Hosea Sanjaya, sampai saat ini pabrik yang berlokasi di pedesaan dalam Kota Boyolali itu masih dalam proses pembangunan. "Sampai saat ini fasilitas pabrik dan model spesifikasi produk masih proses penyempurnaan," kata Hosea saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis 1 September 2016.

Dikatakan, fasilitas pabrik yang memanfaatkan lahan sekitar 13 hektare itu bakal menjadi pusat pembuatan dan juga penyebaran mobil nasional karya anak bangsa ini.

Baca juga: Mobil Esemka Meluncur di Indonesia Sebelum Akhir 2016

Rencananya, di dalam lahan pabrik yang cukup luas tersebut akan berdiri showroom, kantor untuk pemasaran dan juga untuk perakitan mobil. Namun, saat ditanyai lebih jauh terkait perkembangan pabrik yang berdomisili di Jawa Tengah tersebut, Hosea enggan menjelaskan secara detail.

Sebelumnya, Bupati Boyolali, Seno Samudro mengatakan, jika pabrik Esemka yang kini tengah dibangun memang memiliki lahan seluas 13 hektare. Secara teknis, tanah tersebut separuhnya merupakan sewaan dan separuhnya lagi milik PT ACEH.

Tampak pabrik mobil Esemka yang dibangun di Boyolali, Jawa Tengah

Pabrik Esemka di Boyolali. Foto: VIVA.co.id

"Proses pendirian pabrik sudah berlangsung, proses perizinan juga sudah clear hingga RT/RW termasuk analisis dampak lingkungan (AMDAL). Ini juga merupakan arahan dari Pak Jokowi," kata Seno kepada VIVA.co.id.

Karena sebagian tanahnya sewa, nanti setiap tahunnya akan dilakukan pembayaran cicilan oleh PT ACEH. Untuk mendukung rencana tersebut, Pemda Boyolali bahkan sudah menganggarkan dana sekitar Rp13 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah untuk pembangunan jalan dan pengembangan wilayah. "Pak Jokowi juga janji akan bantu," kata Seno.

Pembangunan pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah.

Pabrik Esemka di Boyolali. Foto: VIVA.co.id

Pabrik Esemka ini dikatakan juga akan dapat menyerap banyak tenaga kerja dari wilayah sekitar. Bahkan, kata Seno, berdasarkan pembicaraannya dengan Hendropriyono, ribuan lulusan SMK se-Solo Raya siap direkrut untuk sumber tenaga kerjanya. "Nantinya pabrik Esemka di Boyolali ini akan jadi basis produksi," kata Seno.

Baca juga: Mau Dijual di Bawah Rp100 Juta, Kapan Esemka Meluncur?

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP