TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Tips Bagi Pemula yang Ingin 'Dandani' Motor Garuk Tanah

Ada juga daftar harga aksesorinya.
Tips Bagi Pemula yang Ingin 'Dandani' Motor Garuk Tanah
Modifikasi Kawasaki KLX 150. (Jeffry Yanto/VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Memodifikasi motor trail tentu bukan pekerjaan mudah. Terlebih bagi para pemula yang tentu sangat terbatas pengetahuannya mengenai motor garuk tanah ini. Tapi bagi Anda yang masih berstatus pemula, tak perlu khawatir. Berikut VIVA.co.id berikan tips untuk memodifikasi motor trail.

Bobby Susanto, pemilik bengkel Aneka Motor langsung menjadi naras umbernya. Menurut Bobby, untuk mengubah motor belalang ini agar terlihat lebih gahar, ubahan pertama yang dilakukan adalah mengganti setang dengan diameter yang lebih besar.

Saat ini juga telah banyak beredar merek setang yang menawarkan banyak pilihan termasuk soal harga. “Untuk merek setang itu macam-macam, paling kalau lokal harganya sekitar dari Rp200 ribuan. Tapi kalau sekelas Renthal dari Rp1 juta sampai Rp1,8 jutaan itu sudah bagus,” katanya saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Nah, kalau setang sudah terpasang, dudukan setang atau riser itu biasanya ditambah. “Menggunakan setang aftermarket itu rata-rata diameternya lebih besar, dan riser bawaan pabrik kurang pas. Makannya ditambah riser aftermarket di atasnya, jadi posisi setang lebih tinggi, untuk harganya sekitar Rp500 ribuan,” katanya.

Ia menambahkan, agar lebih gahar saat di jalan tentu harus ganti knalpot. “Knalpot yang full system untuk lokalan paling harganya sekitar Rp700 ribuan, kecuali knalpot impor harganya ada yang sampai Rp 4 jutaan,” kata Bobby.

Kemudian lampu belakang, kalau bawaan pabrik itu ada reflector di sepatboar belakang dan itu dilepas dan dijadikan lampu kecil. “Biar sama seperti motor cross beneran, harganya Rp 80-200 ribu. Dan tutup mesin atau engine guard, serta penambahan hand guard harganya Rp 200 ribuan sampai Rp 1 jutaan,” tuturnya. 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP