Tips Bagi Pemula yang Ingin 'Dandani' Motor Garuk Tanah

Modifikasi Kawasaki KLX 150.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Memodifikasi motor trail tentu bukan pekerjaan mudah. Terlebih bagi para pemula yang tentu sangat terbatas pengetahuannya mengenai motor garuk tanah ini. Tapi bagi Anda yang masih berstatus pemula, tak perlu khawatir. Berikut VIVA.co.id berikan tips untuk memodifikasi motor trail.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Bobby Susanto, pemilik bengkel Aneka Motor langsung menjadi naras umbernya. Menurut Bobby, untuk mengubah motor belalang ini agar terlihat lebih gahar, ubahan pertama yang dilakukan adalah mengganti setang dengan diameter yang lebih besar.

Saat ini juga telah banyak beredar merek setang yang menawarkan banyak pilihan termasuk soal harga. “Untuk merek setang itu macam-macam, paling kalau lokal harganya sekitar dari Rp200 ribuan. Tapi kalau sekelas Renthal dari Rp1 juta sampai Rp1,8 jutaan itu sudah bagus,” katanya saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Nah, kalau setang sudah terpasang, dudukan setang atau riser itu biasanya ditambah. “Menggunakan setang aftermarket itu rata-rata diameternya lebih besar, dan riser bawaan pabrik kurang pas. Makannya ditambah riser aftermarket di atasnya, jadi posisi setang lebih tinggi, untuk harganya sekitar Rp500 ribuan,” katanya.

Ia menambahkan, agar lebih gahar saat di jalan tentu harus ganti knalpot. “Knalpot yang full system untuk lokalan paling harganya sekitar Rp700 ribuan, kecuali knalpot impor harganya ada yang sampai Rp 4 jutaan,” kata Bobby.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Kemudian lampu belakang, kalau bawaan pabrik itu ada reflector di sepatboar belakang dan itu dilepas dan dijadikan lampu kecil. “Biar sama seperti motor cross beneran, harganya Rp 80-200 ribu. Dan tutup mesin atau engine guard, serta penambahan hand guard harganya Rp 200 ribuan sampai Rp 1 jutaan,” tuturnya. 

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022