TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Knalpot Motor Ngebul, Kenali Penyebabnya

“Seharusnya, motor 4 tak tidak mengeluarkan asap berwarna hitam/putih.
Knalpot Motor Ngebul, Kenali  Penyebabnya
asap knalpot berwarna putih.

VIVA.co.id – Sebagai pengguna sepeda motor, tentu Anda akan kesal, saat menemui motor di depan Anda mengeluarkan asap tebal. Keluarnya asap tebal dari saluran pembuangan, atau knalpot ini, tentu juga berpotensi Anda alami terlebih, jika kendaraan kurang mendapat perawatan.

Lalu, apa yang menyebabkan knalpot mengeluarkan asap pekat itu? Kali ini penjelasan diberikan Ahmad pemilik bengkel Eka Jaya Motor yang terletak di Jakarta Barat. Menurut Ahmad, motor empat tak yang mengeluarkan asap merupakan motor yang mengalami masalah.

“Seharusnya, motor empat tak tidak mengeluarkan asap berwarna hitam, atau putih. Apabila sampai mengeluarkan asap, berarti motor tersebut mengalami masalah pada mesin,” katanya kepada VIVA.co.id, Jumat 2 September 2016.

Ahmad menambahkan, salah satu penyebab masalah ini adalah oli yang masuk ke dalam ruang pembakaran. Hal tersebut, dapat terjadi apabila pemilik kendaraan malas melakukan servis, serta ganti oli, yang merupakan kewajiban.

Nah, saat motor Anda mengeluarkan asap, perlu dilakukan pengecekan pada beberapa bagian motor. Hal itu perlu dilakukan, karena ada beberapa masalah yang membuat oli dapat masuk ke dalam ruang pembakaran.

Masalah pertama, adalah ring piston yang lemah. Biasa ring piston yang sudah tua tidak presisi lagi dengan komponen liner, sehingga bisa memacu penyebab terjadinya hal tersebut.

Kedua, seal klep bocor yang bisa, karena seal tidak lagi elastis lagi. Ketiga, dinding liner yang tergores, di mana oli dapat masuk dari celah-celah dinding liner yang tergores dan ini juga bisa menyebabkan oli masuk ke dalam ruang bakar. (asp)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP