TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Yang Harus Diwaspadai Saat Mengendarai Motor Listrik

Suara motor listrik jauh lebih halus dibanding mesin bensin.
Yang Harus Diwaspadai Saat Mengendarai Motor Listrik
Program Uji Coba Perilaku Berkendara Sepeda Motor Listrik Honda. (Yasin Fadilah/VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Kemajuan teknologi tidak hanya berdampak pada barang-barang kecil saja, namun juga kendaraan bermotor.

Produsen kendaraan motor dan mobil terus mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan. Salah satunya penggunaan energi listrik sebagai pengganti mesin konvensional.

Sayangnya, teknologi kendaraan listrik memiliki sisi negatif dalam hal suara mesin. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto mengatakan, motor listrik yang ia coba hari ini sangat berbeda dengan motor pada umumnya.

"Biasanya pakai motor biasa bensin ada koplingnya. Kedua, ada suara. Nah motor ini beda, tidak ada suara sama sekali," kata dia di Kantor Kemenhub, Jumat 2 September 2016.

Suara mesin yang sangat halus membuat pengendara sepeda motor listrik dituntut lebih berhati-hati saat melintas di jalan yang ramai.

"Dengan mesin yang halus itu, otomatis dari segi kehati-hatian pengendara harus lebih. Ini kan bisa ada di jalur lalu lintas umum, harus hati-hati. Pengendara lain bisa jadi tidak sadar (ada motor melintas di dekatnya), dan akibatnya bisa parah," ujarnya.

Ia mengaku nyaman mengendarai motor listrik. Hanya, masih perlu adaptasi lagi untuk dapat terbiasa mengendarai motor tersebut.

"Sangat nyaman, karena tadi tidak ada suara dan ringan. Tinggal masalah kebiasaan. Kalau sudah biasa pakai ini, ya pasti tingkat kehati-hatiannya sudah dimiliki,” katanya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP