Motor Listrik Diyakini Bakal Populer di Indonesia Mulai 2025

Motor listrik Honda EV Neo.
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Industri otomotif Indonesia saat ini terus menerus membicarakan tentang kendaraan tenaga listrik. Terakhir, Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan uji coba untuk melihat perilaku berkendara motor listrik.

Setelah Dipakai Driver Gojek, PCX Electric Siap Dipasarkan Bebas?

Uji coba itu dimaksudkan untuk mendukung target pemerintah dalam mewujudkan perkembangan sepeda motor yang berbasis lingkungan pada tahun 2025. Namun, hingga kini, pemerintah masih belum membuat regulasi untuk mendukung hal tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Darat dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Pudji Hartanto, mengatakan pemerintah masih tetap optimistis dengan target itu.

Honda Siapkan Skuter untuk yang Senang Berbelanja

"Kami tetap yakin bisa berkembang (sepeda motor listrik) di Indonesia. Tinggal tergantung daripada penerapannya saja, kami juga sedang mengusahakan aturan tentang sepeda listrik," kata dia di Kantor Kemenhub, Jumat 2 September 2016.

Selain itu, menurut Pudji, hal itu juga dapat tercapai jika ditunjang dengan perekonomian dunia dan khususnya Indonesia yang bagus tiap tahunnya.

Mau Sewa Honda PCX Listrik, Ini Biayanya

"Kalau bagus bisa saja terjadi. Kami melihat satu sisi manfaat dan kegunaan. Kalau ekonomi Indonesia baik adalah hal yang mungkin tercapai," ujar dia.

Pudji pun menilai masyarakat Indonesia sampai saat ini masih senang menggunakan sepeda motor dan tentunya menjadi nilai positif target itu akan tercapai di tahun 2025 nanti. "Saya rasa masyarakat Indonesia juga sampai sekarang masih banyak yang senang menggunakan sepeda motor," kata dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya