TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Cara Mudah Jaga Aki Tahan Lama

Sebisa mungkin minimalisir goncangan saat berkendara.
Cara Mudah Jaga Aki Tahan Lama
Aki basah dan aki kering kendaraan. Ilustrasi. (www.icrixs.com)

VIVA.co.id – Aki kering atau MF Battery/Maintenance Free Battery dan dikenal juga dengan Valve Regulated Lead Acid Battery (VRLA), saat ini banyak dipilih oleh beberapa pabrikan otomotif. Selain lebih praktis, aki kering dinilai lebih banyak memiliki keunggulan dibandingkan aki basah.

Namun rupanya, aki kering juga membutuhkan perawatan yang tepat, agar usia pemakaiannya dapat lebih lama.

Kepala mekanik bengkel Eka Jaya Motor di Jakarta Barat, Ahmad  mengatakan, aki kering dapat lebih awet apabila motor digunakan  sesering mungkin agar pengisian listriknya tetap stabil.

"Apabila motor tidak digunakan, jangan  lupa untuk tetap memanaskan mesin sekitar dua menit. Akan lebih baik kalau dilakukan setiap hari," kata Ahmad kepada VIVA.co.id.

Pemilik kendaraan  juga dianjurkan untuk selalu menggunakan electric starter setiap hari, kecuali saat memanaskan mesin. Karena menggunakan kick starter dapat membantu menyebarkan oli ke seluruh komponen dalam mesin motor.

Selain itu, Ahmad juga mengungkapkan untuk meminimalisir goncangan saat berkendara, sebisa mungkin hindari  jalan berlubang. Sebab aki akan cepat rusak jika terlalu sering terkena goncangan.

"Cek posisi kabel terminal aki juga sangat penting, usahakan untuk selalu tertutup rapat, soalnya bisa korsleting jika lembab," ujarnya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP