TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Tiga Cara Bikin Kampas Kopling Panjang Usia

Kampas kopling idealnya diganti empat tahun sekali.
Tiga Cara Bikin Kampas Kopling Panjang Usia
Ilustrasi kopling mobil. (www.toyota.astra.co.id)

VIVA.co.id – Sama seperti part lainnya, kampas kopling juga memiliki masa pakai. Jika kampas kopling semakin tipis, tentu mobil tak akan nyaman dikemudikan.

Ternyata, kampas kopling memiliki usia normal pemakaian empat tahun. Namun, tak sedikit pemilik kendaraan yang mengganti kampas kopling lebih cepat dari usianya karena pemakaian atau gaya dalam berkendara.

Sebenarnya ada tiga hal yang bisa dilakukan para pemilik mobil untuk memperpanjang usia pakai kampas kopling. Dilansir AstraWorld, Senin, 5 September 2016, cara pertama yang bisa diterapkan adalah tidak terlalu sering menerapkan gaya setengah kopling saat berkendara. Umumnya cara ini dipakai saat mobil melaju di tengah macet atau tanjakan. Efeknya, kampas kopling jadi mudah aus.

Akibatnya, kampas kopling akan menempatkan 'diri' menjadi part yang tingkat gesekannya sangat keras. Itulah sebabnya permukaan kampas kopling akan lebih cepat terkikis.

Cara kedua, perhatikan saat melepas pedal kopling. Kampas kopling akan jauh lebih awet apabila ketika melakukan perpindahan transmisi, kita tidak melepaskan pedal kopling secara menghentak. Lepaskan saja dengan perlahan-lahan.

Sementara cara ketiga, penggunaan gigi transmisi harus sesuai dengan kecepatan kendaraan. Maksudnya, jangan terbiasa menggunakan gigi tinggi bila kecepatan mobil rendah. Kebiasaan ini masih sering dilakukan pengendara. Misalnya, menggunakan gigi empat pada saat kecepatan kendaraan hanya 20 kilometer per jam.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP