Tiga Cara Bikin Kampas Kopling Panjang Usia

Ilustrasi kopling mobil.
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id

VIVA.co.id – Sama seperti part lainnya, kampas kopling juga memiliki masa pakai. Jika kampas kopling semakin tipis, tentu mobil tak akan nyaman dikemudikan.

Mitsubishi Manjakan Konsumen Lewat Program September Service Ceria

Ternyata, kampas kopling memiliki usia normal pemakaian empat tahun. Namun, tak sedikit pemilik kendaraan yang mengganti kampas kopling lebih cepat dari usianya karena pemakaian atau gaya dalam berkendara.

Sebenarnya ada tiga hal yang bisa dilakukan para pemilik mobil untuk memperpanjang usia pakai kampas kopling. Dilansir AstraWorld, Senin, 5 September 2016, cara pertama yang bisa diterapkan adalah tidak terlalu sering menerapkan gaya setengah kopling saat berkendara. Umumnya cara ini dipakai saat mobil melaju di tengah macet atau tanjakan. Efeknya, kampas kopling jadi mudah aus.

Ini Solusinya untuk Antisipasi Kaca Mobil yang Rawan Berjamur

Akibatnya, kampas kopling akan menempatkan 'diri' menjadi part yang tingkat gesekannya sangat keras. Itulah sebabnya permukaan kampas kopling akan lebih cepat terkikis.

Cara kedua, perhatikan saat melepas pedal kopling. Kampas kopling akan jauh lebih awet apabila ketika melakukan perpindahan transmisi, kita tidak melepaskan pedal kopling secara menghentak. Lepaskan saja dengan perlahan-lahan.

Biaya Perawatan Suzuki Ertiga Hybrid Cuma Segini

Sementara cara ketiga, penggunaan gigi transmisi harus sesuai dengan kecepatan kendaraan. Maksudnya, jangan terbiasa menggunakan gigi tinggi bila kecepatan mobil rendah. Kebiasaan ini masih sering dilakukan pengendara. Misalnya, menggunakan gigi empat pada saat kecepatan kendaraan hanya 20 kilometer per jam.

Layanan servis mobil Mitsubishi.

Program ‘September Service Ceria’ Mitsubishi, Apa Manfaatnya?

Dalam rangka memberikan kemudahan kepada konsumen dalam melakukan perawatan kendaraan, Mitsubishi menghadirkan program September Service Ceria.

img_title
VIVA.co.id
24 September 2022