TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Yamaha Indonesia Bicara Motor Listrik, Lagi Bersiap?

Yamaha sempat pamerkan motor listriknya beberapa tahun silam di RI.
Yamaha Indonesia Bicara Motor Listrik, Lagi Bersiap?
Yamaha EC 03 EU. (Yamaha Motor)

VIVA.co.id – Meski menjadi cikal bakal motor masa depan, sepeda motor listrik hingga kini belum menjadi 'kuda besi' yang cukup populer, khususnya di Tanah Air. Meski demikian, sejumlah pabrikan belakangan gencar melirik atau bahkan terus menggenjot pembuatan motor ramah lingkungan ini.

Setidaknya, motor listrik dapat menjadi alternatif pengganti sepeda motor konvensional yang saat ini kebanyakan mengkonsumsi bahan bakar minyak.

Terkait hal ini, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing mengaku belum berencana memproduksi motor listrik di Indonesia. Menurut Assistant General Manager Marketing PT YIMM, Mohammad Masykur, sejauh ini motor listrik yang telah dimiliki Yamaha baru diproduksi dan dijual massal di negara asalnya, Jepang.

"Kalau di Jepang sudah diproduksi massal. Cuma kalau di Indonesia belumlah," kata Masykur saat berbincang dengan VIVA.co.id di Jakarta, Senin 5 September 2016.

Kendati demikian, bukan berarti Yamaha mengabaikan tren motor listrik yang ke depan diproyeksikan juga bakal berkembang. Hingga kini, pihaknya masih terus melakukan penjajakan, riset pasar, serta masih mempertimbangkan apakah benar-benar motor listrik dalam waktu dekat juga bakal 'meledak' di Indonesia.

Yang pasti, kata Masykur, memproduksi motor listrik harus mempertimbangkan secara masak-masak. Karena, kembali soal harga jual yang tinggi. Sebab biaya komponen baterai untuk sepeda motor listrik saat ini masih bisa dibilang mahal. "Soal harga masih jadi pertimbangan, karena harga tidak kompetitif. Sejauh ini masih mahal," ungkapnya.

Lebih jauh, ia juga mengaku belum bisa memastikan apakah Yamaha Indonesia juga bakal menghadirkan motor listrik purwarupanya dalam ajang Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2-6 November 2016 yang bakal diramaikan sejumlah produsen roda dua mendatang. "Kami belum tahu, soalnya hari ini kamu baru rapat persiapan soal IMoS," ujar dia.

Sebenarnya, jika dirunut ke belakang, motor listrik bukan menjadi hal yang baru bagi Yamaha Indonesia. Setidaknya mereka sempat memajang tiga motor listrik dengan teknologi ramah lingkungan, yakni EC-03, PAS er, dan EC-f dalam ajang Jakarta Motorcycle Show 2010 silam.

Dengan tampilan yang menarik dan unik, ketiga motor listrik Yamaha itu sukses mendulang perhatian pengunjung kala itu.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP