TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Cara Mudah Ketahui Masalah Kendaraan dari Warna Busi

Tak banyak tahu warna pada busi bisa menggambarkan kondisi mesin.
Cara Mudah Ketahui Masalah Kendaraan dari Warna Busi
Busi (http://penghematbbm.org)

VIVA.co.id – Tak banyak yang tahu bila mengecek kondisi kesehatan mesin kendaraan sebenarnya bisa dilihat dari busi. Pengecekan dapat dilakukan dengan melihat warna pada busi. Dengan begitu, bisa diketahui apakah kendaraan yang kita gunakan tengah bermasalah seperti boros oli, boros bensin, hingga mesin overheating.

Dilansir situs resmi Toyota, Selasa, 6 September 2016, jika busi berwarna kemerahan, artinya mesin mengalami overheat. Biasanya lapisan pada elektroda terkelupas tapi tidak ada kerak. Jika busi berwarna kekuning-kuningan, artinya terjadi panas yang berlebih pada mesin. Biasanya masalah ada pada pendingin mesin mobil seperti radiator atau peranti pendingin lainnya. Kondisi ini tentu menyebabkan suhu dan tekanan pada mesin naik secara drastis.

Lantas apabila busi berwarna cokelat, artinya busi bekerja secara normal. Tetapi mendekati usia batas pakai. Apabila kondisi tersebut, sebaiknya segera ganti dengan busi yang baru. Sementara bila busi berwarna gosong, artinya setelan bahan bakar kendaraan Anda tidak benar. Periksa suplai bensin dan peranti kelistrikan lainnya.

Bila elektroda meleleh dan terlihat gosong, itu tandanya busi dengan heat range yang salah. Maksudnya telah terjadi kebocoran pada komponen mesin yang menyebabkan pelumas turut terbakar di ruang mesin.

Bila busi terdapat kerak tebal, disebabkan pemakaian bahan bakar yang buruk. Terjadi kebocoran pada sil di klep yang membuat pelumas merembes hingga ke busi. Sedangkan jika busi dalam keadaan basah, artinya terdapat sisa pelumas pada elektroda dan kepala busi, mesin mengalami detonasi atau ngelitik. Jika begitu, sebaiknya cek timing pengapian atau gunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin.
 

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP