TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Ini Fitur Defogger pada Mobil, Apa Fungsinya?

Banyak yang tak tahu fungsi fitur difogger.
Ini Fitur Defogger pada Mobil, Apa Fungsinya?
Fitur defogger. (Indonesiautoblog)

VIVA.co.id – Meski akrab dan kerap mengendarai mobil, banyak pemilik kendaraan yang tidak mengetahui fungsi fitur-fitur yang menempel pada tunggangannya. Salah satunya adalah tombol defogger. Tombol yang berlogo seperti embun ini selalu menempel pada bagian dekat setir mobil.

Bukan hanya pemilik yang baru pertama kali memiliki mobil saja yang bingung fungsi dari defogger itu. Tapi, pemilik mobil yang sudah cukup lama menggunakan mobil pun sering kedapatan bingung dengan tombol itu. Lantas apa sebenarnya fungsi tombol defogger pada mobil?

Menurut Budi Setiyawan, Kepala Bengkel Toyota Auto2000 Cempaka Putih, Jakarta, defogger memiliki fungsi yang cukup penting pada mobil, terlebih jika dibesut pada saat hujan. 

"Fungsinya yaitu untuk memberikan energi panas agar kabut yang berada di kaca mobil hilang dan tidak menghalangi pandangan pengendara," ujar dia saat berbincang dengan VIVA.co.id, di Jakarta, Selasa, 6 September 2016.

Budi mengatakan, cara pengaktifan defogger biasanya manual. Letak defogger biasanya berada di dekat setir mobil, untuk memudahkan penggunanya. Agar pengoperasian dapat optimal, Budi menganjurkan agar defogger dilakukan perawatan dengan baik.

Kata Budi, defogger sendiri terdapat dua jenis, yakni dengan menggunakan udara dan juga elektrik. Pada bagian kaca depan, biasanya defogger memanfaatkan udara yang masuk dari ventilasi mobil yang berada di bagian dasbor. Sedangkan pada bagian belakang mobil, menggunakan defogger elektrik, dan alatnya terletak di bagian kaca belakang.

"Biasanya terletak di bagian belakang mobil, di bagian kaca belakang terdapat garis-garis seperti kawat dengan yang tipis sebagai penghantar energi listrik atau panas," kata Budi.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP