Ini Fitur Defogger pada Mobil, Apa Fungsinya?

Fitur defogger.
Sumber :
  • Indonesiautoblog

VIVA.co.id – Meski akrab dan kerap mengendarai mobil, banyak pemilik kendaraan yang tidak mengetahui fungsi fitur-fitur yang menempel pada tunggangannya. Salah satunya adalah tombol defogger. Tombol yang berlogo seperti embun ini selalu menempel pada bagian dekat setir mobil.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Bukan hanya pemilik yang baru pertama kali memiliki mobil saja yang bingung fungsi dari defogger itu. Tapi, pemilik mobil yang sudah cukup lama menggunakan mobil pun sering kedapatan bingung dengan tombol itu. Lantas apa sebenarnya fungsi tombol defogger pada mobil?

Menurut Budi Setiyawan, Kepala Bengkel Toyota Auto2000 Cempaka Putih, Jakarta, defogger memiliki fungsi yang cukup penting pada mobil, terlebih jika dibesut pada saat hujan. 

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Fungsinya yaitu untuk memberikan energi panas agar kabut yang berada di kaca mobil hilang dan tidak menghalangi pandangan pengendara," ujar dia saat berbincang dengan VIVA.co.id, di Jakarta, Selasa, 6 September 2016.

Budi mengatakan, cara pengaktifan defogger biasanya manual. Letak defogger biasanya berada di dekat setir mobil, untuk memudahkan penggunanya. Agar pengoperasian dapat optimal, Budi menganjurkan agar defogger dilakukan perawatan dengan baik.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Kata Budi, defogger sendiri terdapat dua jenis, yakni dengan menggunakan udara dan juga elektrik. Pada bagian kaca depan, biasanya defogger memanfaatkan udara yang masuk dari ventilasi mobil yang berada di bagian dasbor. Sedangkan pada bagian belakang mobil, menggunakan defogger elektrik, dan alatnya terletak di bagian kaca belakang.

"Biasanya terletak di bagian belakang mobil, di bagian kaca belakang terdapat garis-garis seperti kawat dengan yang tipis sebagai penghantar energi listrik atau panas," kata Budi.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022