TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Persaingan Sengit, Suzuki Bertahan Cuma dengan Satria FU

Suzuki kini berada di posisi ketiga penjualan motor di Indonesia.
Persaingan Sengit, Suzuki Bertahan Cuma dengan Satria FU
Suzuki di Indonesia Motorcycle Show 2014 (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

VIVA.co.id – Penjualan sepeda motor nasional hingga bulan Juli 2016 tercatat turun dibandingkan bulan sebelumnya. Berdasarkan data yang disampaikan Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penjualan motor hingga Juli 2016 secara nasional tercatat 3.268.041 unit. Sementara itu, pada periode yang sama penjualan sepeda motor tahun lalu mencapai 3.596.000 unit.

Berada di urutan ketiga, Suzuki hanya berhasil menjual 3.800 unit sepeda motor pada bulan Juli 2016 secara nasional. Total penjualan secara keseluruhan Suzuki hanya mencapai angka 34.915 unit. Angka itu tentu jauh dari penjualan dua kompetitor utamanya, Honda dan Yamaha.

Penjualan tersebut diakui Department Head Marketing and Sales 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Yohan Yahya, masih jauh dengan target penjualan tahun ini yang mencapai 125 ribu.

"Memang market penjualan secara keseluruhan itu turun 10-15 persen. Kami juga mengalami penurunan sesuai market. Target kita itu 125 ribu untuk tahun ini," kata Yohan kepada VIVA.co.id, Selasa 6 September 2016.

Meski demikian, Suzuki optimistis pihaknya mampu mencapai target penjualan sampai akhir tahun ini.

Saat disinggung mengenai strategi yang akan dilakukan untuk mendongkrak penjualan, perusahaan asal Jepang tersebut mengungkapkan bila strategi yang digunakan masih berkaitan dengan promo dan potongan harga. Selain itu, pihaknya juga mengaku tengah menyiapkan produk baru di Tanah Air.

Sejauh ini, di tengah persaingan roda dua yang makin ketat, Suzuki terus bertahan berkat sejumlah produk yang berkontribusi terhadap penjualan. Paling besar, alias lebih dari separuh penjualan disumbang Satria Fu 150. Kontributor kedua, datang dari skutik mereka, Adress.

"Strategi tidak jauh dari harga dan hadiah. Sampai saat ini penjualan terbesar masih Satria Fu sekitar 60 persen dan Address sekitar 30 persen. Produk baru, sebentar lagi, tunggu saja," ujar Yohan.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP