Mengenal Fitur Paddle Shift pada Mobil

Padle shift pada mobil.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Terobosan demi terobosan kerap dilakukan berbagai produsen kendaraan agar produknya semakin melek terhadap teknologi. Setidaknya dengan upgrade teknologi, produsen akan mendapatkan nilai lebih dari konsumennya.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Salah satu teknologi terbaru dan sempat populer akhir-akhir ini yaitu penggunaan paddle shift pada mobil. Sejatinya, teknologi ini berawal dari penggunaan sistem mobil pada dunia balap, seperti Formula 1 dan juga reli dunia. Bukan hanya terdapat pada mobil balap saja, penyematan fitur ini di beberapa mobil biasa juga untuk memberikan sensasi layaknya kendaraan balap dan tentunya mengundang konsumen agar tertarik.

Namun sayangnya, sampai saat ini masih banyak yang belum begitu paham bagaimana cara menggunakannya dan cenderung dibiarkan menganggur.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Menurut Budi Setiyawan, Kepala Bengkel Toyota Auto2000 Cempaka Putih, Jakarta, kegunaan paddle shift sendiri merupakan perpindahan transmisi mobil matik ke manual sesuai yang diinginkan pengendara. "Kegunaannya untuk memilih transmisi mobil secara manual di matik, sehingga dapat memindahkan transmisi mobil matik secara manual," kata Budi saat berbincang dengan VIVA.co.id, Selasa 6 September 2016.

Dia menjelaskan, paddle shift bisa digunakan saat transmisi matik tak memungkinkan untuk menerabas yang ada di depannya. "Misalnya, kalau mobil matik butuh waktu saat menyalip mobil, seolah-olah digas tidak ada power-nya, ngempos dan lama naiknya, nah saat itu tepat digunakan paddle shift, yang tadinya matik jadi manual, sehingga tenaga jadi disalurkan lebih baik," ujar dia.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Selain itu, menurutnya, dengan adanya paddle shift, akselerasi mobil akan lebih cepat sesuai dengan keinginan pembesutnya. "Tapi kekurangannya, konsumsi bahan bakar tentunya akan lebih boros dari sebelumnya," tutur dia.
 

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022