TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Harga Motor Listrik Buatan Surabaya Tak Sampai Rp20 Juta

Gesits sudah dibuka keran pemesanannya.
Harga Motor Listrik Buatan Surabaya Tak Sampai Rp20 Juta
Sepeda motor listrik kolaborasi ITS dan Garansindo diperkenalkan. (VIVA.co.id/Januar Adi Sagita)

VIVA.co.id – Meski hingga saat ini aturan mengenai kendaraan bertenaga listrik belum jelas, namun hal tersebut tidak menyurutkan niat PT Garansindo Inter Global dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya untuk menghadirkan sepeda motor listrik.

Diberi nama Gesits, motor yang mengusung konsep skuter matik tersebut sudah mulai dibuka keran pemesanannya sejak Sabtu 28 Mei 2016 lalu. Meski belum memiliki harga pasti terkait motornya, Kepala Peneliti Kendaraan Listrik ITS, Muhammad Nur Yuniarto mengatakan banderol motor tersebut diperkirakan tidak sampai Rp20 juta.

"Kami memiliki target harga untuk motor di bawah Rp20 juta. Uji yang kami lakukan diperkirakan sampai akhir tahun ini," kata Nur kepada VIVA.co.id, Selasa 6 September 2016.

Saat disinggung kapan motor listrik tersebut dapat didistribusikan kepada konsumen, Nur mengaku target Garansindo yakni pertengahan tahun 2017.

"Menyiapkan motor adalah tugas kami. Target Garansindo itu pertengahan tahun depan, tapi kalau untuk jelasnya mengenai itu saya tidak tahu, karena kami hanya bertugas menyiapkan motor dapat sesuai dengan keinginan masyarakat dan berfungsi dengan baik," ujarnya.

Meski sudah bisa dipesan, motor listrik begaya skuter tersebut diakui Nur Yuniarto baru akan melakukan uji jalan pada Oktober mendatang. "Kami masih terus uji sampai akhir tahun. Rencana kami akan melakukan uji jalan Oktober mendatang," kata Nur.

Untuk uji jalan, dia menambahkan jika motor listrik tersebut rencananya akan menempuh jarak mulai dari Jakarta hingga Denpasar. "Memang semuanya masih dalam tahap perencanaan. Kami di sini berusaha sebaik mungkin menciptakan kendaraan ramah lingkungan yang baik bagi masyarakat Indonesia," kata dia.

 

(ren)

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP