Ingin Punya Moge? Ketahui Dulu Tipsnya

Honda Big Bike CBR 650F.
Sumber :
  • Dian Tami/VIVAcoid

VIVA.co.id – Bodi yang besar serta performa mesin yang gahar adalah beberapa alasan orang memutuskan untuk membeli motor gede (moge).

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Namun, bagi mereka yang tadinya biasa mengendarai motor berukuran kecil, seperti bebek dan matik, ada baiknya memerhatikan tips yang satu ini dulu, sebelum memutuskan untuk memiliki moge.

Dilansir dari Astra Honda, Rabu 7 September 2016, tidak sedikit orang kesusahan saat hendak mengendarai moge. Bukan hanya karena bobotnya yang berat, tapi juga pengendara harus mempunyai tubuh yang proporsional.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Itu sebabnya, pemula disarankan menggunakan motor dengan kapasitas 500-600cc. Jika sudah terbiasa melakukan perjalanan sehari-hari di perkotaan atau city riding, lakukanlah touring jarak menengah.

Umumnya, jika pengendara sudah menguasai handling motor 500cc, maka saat menggunakan moge berkapasitas mesin 1.000 cc ke atas bukan masalah lagi.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Jangan buru-buru ingin ikut touring, kenali dulu karakter moge yang dimiliki. Selain bobot yang lebih berat, tenaga mesin juga lebih besar dibandingkan motor sport 150-250cc, sehingga butuh waktu untuk terbiasa.

Gunakan kekuatan otot tangan untuk membelokkan moge dan latih kelenturan tangan untuk membelokkan setang moge. Menikung menggunakan moge dengan kecepatan sedang ke atas, usahakan pinggang dimiringkan mengikuti arah tikungan, agar motor bisa melalui tikungan dengan mudah dan santai.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022