TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Fungsi Cruise Control pada Mobil, Banyak yang Belum Tahu

Mobil keluaran terbaru sudah banyak mengusung teknologi canggih.
Fungsi Cruise Control pada Mobil, Banyak yang Belum Tahu
Fitur Cruise Control pada All New Honda Civic Turbo. (Krisna Wicaksono/VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Mobil keluaran terbaru sudah banyak mengusung teknologi canggih yang diklaim dapat membantu pengemudi untuk berkendara dengan lebih aman dan nyaman. Beragam fitur pun ikut disematkan oleh para produsen mobil, salah satunya yaitu fitur cruise control.

Lalu apa kegunaan dari fitur yang satu ini? Menariknya, masih banyak orang yang tidak mengetahui fungsi dan kegunaan dari fitur yang satu ini. Ternyata, fitur yang satu ini juga punya peran penting dalam sebuah kendaraan terutama mobil.

Budi Setiyawan, Kepala Bengkel Auto2000 Cempaka Putih menjelaskan cruise control merupakan salah satu fitur pada kendaraan yang memungkinkan kendaraan untuk berada pada kecepatan tertentu secara konstan.

"Jadi, pengguna mobil tidak harus menginjak pedal gas secara terus menerus. Fitur ini juga bisa dinaikkan atau diturunkan kecepatannya dengan menekan tombol up down cruise control," kata Budi kepada VIVA.co.id.

Dalam artian, sistem ini mampu memberikan pengemudi kebebasan dalam mengendarai mobil pada kecepatan stabil tanpa menekan pedal gas secara terus-menerus. Teknologi ini juga sering disebut sebagai speed control atau auto cruise.

Sistem ini bisa dioperasikan melalui tombol dan jika sudah diaktifkan maka pengemudi sudah tidak perlu lagi untuk menekan pedal gas dengan kakinya. Sementara, agar penggunaannya tak salah, perlu diketahui jika fitur ini tidak bisa aktif jika mobil melaju pada kecepatan di bawah 40 km perjam.

Namun, Budi mengatakan, teknologi mobil teranyar ini hanya cocok dilakukan di jalan yang tidak mengalami kemacetan. Ini karena medan jalan yang macet tentu membutuhkan banyak pengereman yang akan menonaktifkan sistem cruise control.

"Teknologi ini cocok digunakan di jalan tol," katanya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP