TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Kaca Jendela Mobil Tiba-tiba Ngadat, Jangan Panik

Itu disebabkan dari kotoran yang sudah menumpuk pada celah karet kaca.
Kaca Jendela Mobil Tiba-tiba Ngadat, Jangan Panik
Ilustrasi penggunaan kaca film mobil.

VIVA.co.id – Sering terjadi pada pengguna mobil lawas jika kaca jendela mobil menimbulkan suara berdecit saat dibuka atau ditutup. Hal itu disebabkan dari kotoran yang sudah menumpuk pada celah karet kaca, sehingga membuat pergerakan kaca masuk dan keluar itu terganggu.

Menurut Ikim punggawa bengkel power window Subur Jaya di Joglo, mengatakan, kalau masih bisa dibuka tutup hanya suaranya saja yang berisik berarti banyak kotoran menumpuk pada celah karet. Kecuali jika sampai tidak bisa dibuka itu berati ada masalah pada dynamo power windownya.

Ia menambahkan, kalau untuk sekadar mengangkat debu atau kotoran yang menempel bisa menggunakan kanebo atau lap basah. “Yang jelas saat dibersihkan karet kaca jangan terlalu diregangkan agar tidak rusak,” ujarnya saat berbincang dengan VIVA.co.id.  

Setelah kotoran dirasa sudah bersih bisa langsung menyemprotkan cairan power window yang aman untuk bahan karet. “Setelah disemprot bisa diratakan dengan jari dan kaca dinaikturunkan agar cairan tersebut merata,” katanya.

"Berbagai bentuk cairan kimia seperti silicone spray memang bisa melancarkan pergerakan kaca saat buka tutup. Tapi perhatikan cairan kimianya, apakah aman untuk bahan karet, karena kalau tidak, karet mudah menjadi keras atau retak-retak," ujarnya.

Terlebih menggunakan cara singkat, seperti melumassi pelipit kaca dengan oli. “Jangan pernah membersihkan atau melumasi pelipit karet dengan oli. Memang sebentar saja akan membuat lancar. tapi oli akan merusak karet dalam jangka waktu lama,” katanya.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP