TUTUP
TUTUP
OTOMOTIF

Motor Murah BMW Meluncur Oktober 2016

BMW G310R juga akan diluncurkan di Indonesia.
Motor Murah BMW Meluncur Oktober 2016
BMW G310R. (Visordown)

VIVA.co.id – Setelah lama menjadi teka-teki kalangan pencinta roda dua, BMW Motorrad akhirnya menyebut bakal membuat debut 'motor murahnya' G310R secara perdana di India. Debut diproyeksikan bakal dilakukan pada bulan depan.

Dilansir Shiftinggears, Kamis 8 September 2016, berbagai persiapan terus dikebut BMW Motorrad jelang peluncuran. Saat ini, merek asal Jerman yang berkolaborasi dengan TVS Motor itu sudah menyiapkan diler independen.

Motor ini terbilang murah karena dibuat di India, memanfaatkan pabrik TVS, sementara teknologi dan berbagai macam soal sepeda motor, digarap BMW di Jerman. Maka tak heran bila motor ini akan dijual lebih murah ketimbang sejumlah kompetitornya yang bermain di kelas 300cc. Laporan menyebutkan bila BMW G310R juga akan lebih murah dari KTM Duke 390.

Bicara diferensiasi yang ditawarkan, BMW G310R bakal didukung mesin berkapasitas 313cc, satu silinder, mesin liquid-cooled, yang dapat memproduksi tenaga sekira 34 horse power pada 9.500 rpm dan torsi 28 newton meter pada 7.500 rpm. Mesin kemudian dikawinkan dengan gearbox enam-percepatan.

Segera ke Indonesia

PT Maxindo Moto, distributor resmi BMW Motorrad di Indonesia, menyatakan siap memboyong motor murah BMW itu ke Indonesia. Setidaknya, keseriusan telah dilakukan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, dengan membawa unit G310R untuk dipajang dan dipamerkan ke publik.

Menariknya, keran pemesanan motor itu sudah dibuka untuk konsumen Indonesia, meski peluncuran secara resmi belum dilakukan, dan harga belum diketahui. Menurut Part Supervisor PT Maxindo Moto, Tony Adiansyah saat ditemui VIVA.coid, baru-baru ini, calon konsumen di Tanah Air yang kepincut motor tersebut bisa menyiapkan dana booking fee sekira Rp5 juta.

"Kami memang sengaja pajang motor ini untuk tes pasar. Kalau peluncuran memang belum dilakukan. Waktu peluncuran sendiri kami belum bisa sampaikan saat ini," kata Tony Adiansyah

Sementara itu, menurut salah seorang sumber internal Maxindo Moto yang sampai ke telinga redaksi, harga estimasi G310R yakni Rp169 juta. Harga itu dikatakan sesuai dengan pasar di Tanah Air. "Itu harga estimasi, nantinya motor ini juga akan dirakit secara lokal di Indonesia. Tapi tidak dalam tahun ini," kata sumber tersebut.

Sumber tersebut juga menyampaikan, dari rencana yang bergulir sejauh ini, perakitan lokal BMW G310R akan dimulai akhir 2017 atau awal 2018. "Motor ini teknologi Jerman, BMW. Namun peran TVS di sini hanya sekadar perakitan, jadi tak perlu ragu akan kualitas motor ini," kata dia.

TERKAIT
KOMENTARI ARTIKEL INI
VIDEO TERPOPULER
FOTO TERPOPULER
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP